Thursday, May 30, 2024

Komit Benahi Sektor Transportasi, Dishub Aceh Perkuat Monitoring Angkutan

NUKILAN.id | Banda Aceh – Komitmen membenahi sektor transportasi terus digaungkan Dinas Perhubungan Aceh. Hal ini mencakup dari segi perizinan angkutan maupun upaya memperkuat komitmen pengawasan perusahaan angkutan penumpang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Aceh Teuku Faisal saat menghadiri Rapat Koordinasi dengan tema Peran Stakeholder Dalam Menurunkan Angka Kecelakaan di Provinsi Aceh yang berlangsung di Aula Ditlantas Polda Aceh pada Senin, 22 April 2024.

“Kita terus memastikan setiap perusahaan angkutan umum berkomitmen terhadap keamanan dan keselamatan penumpang,” sebut Teuku Faisal saat menyampaikan paparan mengenai evaluasi penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2024.

Berdasarkan hal tersebut, Dishub Aceh menciptakan sebuah inovasi monitoring angkutan, bekerjasama dengan stakeholder terkait sebagai salah satu upaya pengawasan terhadap angkutan umum.

“Nantinya akan ada inovasi monitoring yang akan menampilkan indikator-indikator terhadap perusahaan angkutan umum, hijau bagi PO yang mematuhi peraturan dan mengurus perizinan dan ada indikator merah bagi yang tidak taat peraturan,” ujar Teuku Faisal.

Kadishub Aceh berharap Forum LLAJ ini terus berkelanjutan dan bermanfaat menekan angka kecelakaan sehingga masyarakat merasa aman dalam berlalu lintas di jalan raya.

Selain itu, forum ini juga dihadiri pakar transportasi dari Universitas Syiah Kuala (USK) Prof. Sofyan Shaleh yang memaparkan bahwa kendaraan telah didesain sedemikian rupa dengan kapasitas yang telah ditetapkan, sehingga over loading penumpang atau barang dapat mengakibatkan petaka, seperti sistem pengereman bisa blong, selain itu regulasi dalam sektor transportasi juga perlu dibenahi.

“Jadi di Eropa tidak pernah kita dapatkan over penumpang, beda dengan di daerah kita, satu becak bisa dinaiki 12 orang,” tutup Sofyan disambut gelak tawa peserta rakor.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img