Saturday, June 22, 2024

Kemenag Langsa Ajak Jemaah Haji Saling Bantu di Tanah Suci

NUKILAN.id | Langsa – Sebanyak 162 calon jemaah haji dari Kota Langsa, Aceh mengikuti kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji yang diadakan oleh Kantor Kementerian Agama setempat. Jemaah tertua yang dari daerah ini berusia 88 tahun dan termuda berumur 19 tahun.

Kegiatan yang dibuka Pj Wali Kota Langsa, Syaridin itu berlangsung di Aula SMK 3 Kota Langsa dari tanggal 15 hingga 16 Mei 2024. Jemaah yang mengikuti manasik terdiri dari 64 laki-laki dan 98 perempuan.

“Ibadah haji adalah panggilan, maka tidak perlu mencari jalan yang melanggar aturan pemerintah untuk melaksanakannya,” kata Syaridin, Rabu (15/5/2024).

Dalam kelompok jemaah yang akan berangkat ke Tanah Suci tersebut, Khadijah (88) dari Gampong Buket Meutuah, Kecamatan Langsa Timur, menjadi jemaah tertua. Sedangkan yang termuda adalah Siti Shaura Al Amna Binti Amir Busra (19) dari Gampong Tualang Teungoh, Kecamatan Langsa Kota.

Seluruh calon jemaah haji Kota Langsa akan tergabung dalam kloter 9 yang dijadwalkan berangkat pada tanggal 7 Juni 2024 pukul 03.35 WIB dari Embarkasi Aceh.

Kakankemenag Langsa Fadhli berharap jemaah muda dapat bersinergi membantu jemaah lansia. Para jemaah juga diminta memiliki sikap peduli, saling membantu dan tidak egois. “Kepada jamaah lansia, semoga dapat menjadi panutan bagi yang muda,” jelas Fadhli.

Ia juga menekankan pentingnya mencontoh tokoh-tokoh seperti Abdullah bin Mubarak dan Muwaffaq dalam peran mereka dalam hal berbuat baik dan peduli kepada sesama.

“Tamu Allah harus menumbuhkan dan mewujudkan kepedulian sesama selama berada di Tanah Suci. Ini merupakan jalan menuju kemabruran haji. Saat di sana, jika menemukan saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan. Maka ringankan tangan untuk itu, meskipun kadang ada hal yang harus dikorbankan,” tambahnya.

Fadhli mengingatkan agar jemaah lansia tidak memaksakan diri di luar kemampuan dan menjaga kesehatan dengan baik mengingat suhu udara di Arab Saudi yang jauh lebih tinggi dibandingkan di Indonesia

“Saat tiba di Tanah Suci, senantiasa menjaga kondisi tubuh supaya maksimal menjalani ibadah puncak di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna),” ujarnya.

Dia juga mendoakan agar semua jemaah menjadi haji yang mabrur. Fadhli berpesan kepada jemaah Kota Langsa untuk meluruskan niat beribadah, memahami arti atau filosofi dari rukun dan wajib haji, serta fokus selama berhaji.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img