Monday, February 26, 2024

Kemenag Aceh Implementasikan 7 Program Prioritas

Nukilan.id – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Drs H Azhari, mengungkapkan bahwa pihaknya telah berhasil mengimplementasikan tujuh program prioritas yang dicanangkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

Hal tersebut disampaikannya dalam acara Media Gathering di Amel Hotel & Convention Hall, Banda Aceh, pada Kamis (7/12/2023).

Salah satu program unggulan yang dijalankan adalah penguatan moderasi beragama. Azhari menjelaskan, “Kita telah meluncurkan 47 kampung moderasi beragama di seluruh Aceh, sebagai bukti bahwa indeks kerukunan di Aceh sudah mencapai tingkat yang sangat baik,” ujarnya.

Program selanjutnya adalah transformasi digital, yang mencakup inovasi seperti madrasah digital. Kemenag Aceh berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan mendorong kemandirian pondok pesantren. 

“Di Aceh, terdapat banyak pesantren yang memiliki madrasah atau sekolah model boarding school. Upaya perbaikan dan kerjasama dengan instansi terkait terus kami lakukan,” tambahnya.

Revitalisasi kantor urusan agama (KUA) juga menjadi fokus perhatian, guna memastikan pelayanan keagamaan yang optimal di tingkat lokal. Sementara itu, peningkatan religiousity index diakui sebagai langkah strategis untuk memperkuat nilai-nilai keagamaan di masyarakat Aceh.

Dalam konteks pendidikan tinggi, Azhari menyebutkan tentang langkah Kemenag Aceh dalam mendukung pendirian cyber Islamic university sebagai wujud komitmen terhadap pendidikan agama yang modern.

Tak kalah penting, program tahun kerukunan umat beragama diharapkan dapat menciptakan suasana harmonis antarumat beragama di Aceh. 

“Program-program ini telah kami jalankan, dan kami akan terus menyempurnakannya. Kolaborasi dengan berbagai pihak dan pemangku kepentingan akan terus kami galakkan untuk mewujudkan transformasi positif di bidang keagamaan di Aceh,” pungkasnya. [Rjf]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img