Sunday, July 14, 2024

Kekeringan Parah Melanda Aceh Besar, Warga Kesulitan Air Bersih

NUKILAN.id | Banda Aceh – Sebagian besar wilayah Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, mengalami kekeringan parah. Kekeringan terparah terjadi di sejumlah gampong di Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, dan telah berlangsung selama lebih dari sepekan.

Pantauan Nukilan.id pada Kamis (20/6/2024) menunjukkan kondisi memprihatinkan di kawasan Punie serta beberapa gampong lain di Kecamatan Darul Imarah. Warga setempat mengalami kekeringan yang berkepanjangan hingga lebih dari sepekan lamanya

Amirul, salah satu warga Gampong Punie, mengungkapkan kesulitan yang dialami warga selama kekeringan ini.

“Kami sudah lebih dari seminggu kesulitan mendapatkan air bersih. Sumur-sumur kami kering,” kata Amirul kepada Nukilan.id, Kamis (20/6/2024).

Amirul juga menjelaskan bahwa kekeringan ini berdampak signifikan pada pelaksanaan ibadah Idul Adha. Kata Amirul, mereka kesulitan melaksanakan kurban karena keterbatasan air bersih.

“Saat Idul Adha kemarin, kami sangat kesulitan untuk melaksanakan kurban. Air yang biasanya kami gunakan untuk membersihkan hewan kurban dan keperluan lainnya sangat terbatas,” tambahnya.

Amirul berharap pemerintah dapat segera menemukan solusi yang lebih permanen untuk mengatasi kekeringan ini.

“Kami berharap ada tindakan yang lebih nyata dari pemerintah. Kekeringan ini bukan pertama kali terjadi, dan kami butuh solusi jangka panjang agar tidak terus-menerus mengalami kesulitan seperti ini,” tutup Amirul.

Kekeringan yang melanda Aceh Besar ini menjadi perhatian serius bagi semua pihak, mengingat dampaknya yang luas terhadap kehidupan sehari-hari dan pelaksanaan ibadah warga. Upaya penanganan yang cepat dan tepat sangat diharapkan untuk mengurangi beban yang dirasakan oleh masyarakat.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img