Tuesday, June 25, 2024

Jadi Pembicara di UIN Ar-Raniry, Asisten Sekda Aceh: Pemimpin yang Baik Lahir dari Pengikut yang Baik

NUKILAN.id | Banda Aceh – Menjadi seorang pemimpin memerlukan proses panjang dan pembelajaran mendalam. Menurut Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Aceh, Iskandar, pembelajaran kepemimpinan bisa dimulai dari tahapan sebagai seorang pengikut.

“Pemimpin yang baik lahir dari pengikut yang baik,” ujarnya saat mengisi materi Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa (Diklatpim) UIN Ar-Raniry Banda Aceh di ruang rapat Rektor UIN Ar-Raniry, Rabu (15/5/2024).

Iskandar hadir sebagai narasumber dalam Diklatpim yang diselenggarakan oleh Pusat Kerohanian Moderasi Beragama (PKMB) UIN Ar-Raniry. Dalam kesempatan tersebut, ia memberikan motivasi serta berbagi pengalaman kepada para mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebagai pemimpin masa depan.

Acara tersebut diikuti oleh 50 mahasiswa dari tiga kampus, yakni 43 mahasiswa UIN Ar-Raniry, lima mahasiswa Universitas Syiah Kuala, dan dua mahasiswa Universitas Bina Bangsa Getsempena (UBBG).

Dalam pemaparannya, Iskandar menekankan bahwa jabatan pemimpin bukanlah sesuatu yang instan dan bisa diduduki oleh sembarang orang.

“Menjadi seorang pemimpin haruslah terlebih dahulu melewati berbagai proses dan pembelajaran,” tegasnya.

Lebih lanjut, Iskandar menjelaskan bahwa pembelajaran menjadi pemimpin yang baik juga bisa diperoleh dari berbagai biografi tokoh bangsa terdahulu. Ia menyebut banyak inspirasi yang dapat diambil dari tokoh-tokoh bangsa Indonesia, seperti Bung Karno dan Bung Hatta.

“Oleh sebab itu, pergunakanlah masa muda untuk belajar banyak hal agar dapat menjadi sosok yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar di masa depan nanti,” pungkasnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa dapat memetik pelajaran berharga dan mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang tangguh dan inspiratif.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img