Tuesday, June 25, 2024

Google Mulai Uji Coba Fitur Braille untuk Tunanetra

Nukilan.id – Google dikabarkan akan memulai uji coba fitur yang memungkinkan ponsel menampilkan Braille Tech di Android. Fitur yang akan hadir dalam OS Android 13 ini akan memudahkan para pengguna penyandang disabilitas menggunakan ponsel.

Langkah yang diambil oleh Google untuk membawa tampilan braille akan mulai masuk dalam pengujian beta fitur Android 13 dalam beberapa minggu mendatang, sebagaimana dikutip The Verge, Senin (23/5/2022).

Tampilan braille yang akan diterapkan oleh Google sendiri nantinya digunakan untuk membuat pola pin unik yang dapat membaca teks di layar sentuh, serta mengetik dalam huruf-huruf braille.

Membuktikan akan memberikan dukungan yang ‘out-of-the-box’ pada tampilan braille ini, para pengguna nantinya dapat mengakses berbagai fungsi yang sama dalam sistem Android tanpa harus merasakan ketidaknyamanan saat bernavigasi dengan ponsel miliknya.

Pengguna layar braille pun bisa mengakses fungsi yang sama seperti navigasi layar dengan tombol, panggilan telepon, menulis email, hingga mengirim pesan.

Untuk semakin mempermudah penggunanya, Google juga membuat ‘jalan pintas’ untuk penggunanya dengan fitur Talkback. Pintasan ini menyediakan opsi lainnya seperti pengguliran yang lebih cepat, mengedit dokumen, maupun copy-paste teks.

Perlu diketahui, hal ini bukanlah pertama kalinya Google meluncurkan fitur yang dapat mempermudah pengguna disabilitas. Di Android 10, Google sempat membawa fitur Live Caption dan Live Transcribe. [Indozone]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img