Saturday, January 28, 2023

Fasilitasi Pemulangan Warga Aceh Timur dari Sumedang, BPPA: Ini Amanah Gubernur Nova

Nukilan.id – Pemerintah Aceh melalui Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), bersama Persaudaraan Aceh Seranto (PAS), memfasilitasi pemulangan seorang warga Aceh Timur, Ani (46), dari Sumedang, Jawa Barat yang mengalami stroke.

Ani yang selama ini tinggal bersama suaminya Tata (47) dan seorang anak di Dusun Sampora, Desa Ciawitali, Kecamatan Buahdua, Sumedang akan dipulang ke kampungnya di Paya Demam, Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur.

“Malam ini mereka akan diantarkan oleh relawan PAS menggunakan ambulans melalui jalur darat yang didampingi sekitar enam mobil pribadi hingga ke kampung halamannya,” kata Kepala BPPA, Almuniza Kamal, SSTP, MSi, saat melepaskan pemulangannya dari Markas PAS di Graha Raya, Tangerang, Sabtu, 5 Februari 2022.

Ia menambahkan, sebelum tiba di Tangerang, Ani dijemput oleh tim relawan PAS dari Sumedang dengan menggunakan ambulans pada Jumat, 4 Februari 2022, malam.

Almuniza menyebutkan pemulangan masyarakat Aceh yang kurang mampu di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya merupakan amanah dari Gubernur Aceh Nova Iriansyah

“Itu yang selalu kita lakukan membantu warga Aceh di perantauan terutama yang kurang mampu, seperti yang mereka alami dipulangkan dari Jakarta,” kata Almuniza.

Pemulangan warga kurang mampu ini katanya, juga dilakukan berkat kerjasama dengan relawan PAS. Sehingga memudahkan dalam memberikan bantuan terhadap masyarakat Aceh yang membutuhkan.

Sementara itu, Ketua Umum PAS Akhyar Kamil SH mengatakan, sebelum pemulangan ini dilakukan, pihaknya mendapatkan informasi dari keluarganya di Aceh Timur yang meminta bantuan untuk pemulangan Ani ke kampungnya.

“Keluarganya awalnya menghubungi PAS di Aceh Timur untuk minta bantuan, sebelum dikabari ke kami. Selanjutnya saya mengkonfirmasi kepada Kepala BPPA Almuniza Kamal untuk menindaklanjuti, dan beliau merespon kalau memang orang kurang mampu harus segera dibantu, karena sesuai dengan amanah Gubernur Aceh,” sebut Akhyar.

Akhyar mengatakan, Ani yang selama ini tinggal bersama suami dan anaknya, di kontrakannya di Sumedang, sudah lama menderita stroke. Namun, mengalami kendala biaya pengobatan.

“Karena suaminya juga kerja serabutan di sana, sedangkan anaknya masih menempuh pendidikan di sekolah dasar. Sehingga, keluarganya di Aceh Timur merasa kasihan dengan kondisi Ani, dan meminta bantuan untuk dipulangkan supaya bisa berobat di Aceh,” katanya.

Ia menambahkan, semoga perjalanan pengantaran Ani dan keluarganya oleh tim relawan PAS Jakarta dan Jawa Barat bisa berjalan lancar hingga sampai ke Aceh.

Keterangan Foto: Kepala BPPA, Almuniza Kamal, SSTP, MSi, dan Ketua Umum PAS Akhyar Kamil SH, saat melepaskan pemulangan warga Aceh Timur, di Markas PAS, di Graha Raya, Tangerang, Sabtu, 5 Februari 2022. []

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img