Tuesday, July 23, 2024

Dinas Pendidikan Aceh Dorong Guru Penggerak Isi Kekosongan Jabatan Kepala Sekolah

NUKILAN.id | Banda Aceh – Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Marthunis, S.T., DEA, menegaskan pentingnya peran Guru Penggerak dalam mengatasi kekosongan jabatan kepala sekolah di Aceh. Pernyataan tersebut disampaikan Marthunis dalam pertemuan dengan kepala cabang dinas pendidikan (Kacabdisdik) se-Aceh di ruang kerjanya pada Sabtu, 22 Juni 2024.

Marthunis meminta Kacabdisdik untuk segera mengusulkan Guru Penggerak sebagai pelaksana tugas (Plt) kepala sekolah yang kosong. “Kita sangat yakin dengan kemampuan dan pengetahuan Guru Penggerak. Mereka menjadi Guru Penggerak atas inisiatif sendiri, yang artinya nilai keikhlasan dalam bekerja sudah tumbuh dalam diri mereka,” ujar Marthunis.

Inisiatif ini didorong oleh keyakinan bahwa Guru Penggerak memiliki kompetensi dan dedikasi yang tinggi sehingga mampu menjalankan tugas sebagai kepala sekolah dengan baik.

“Prinsipnya, yang terbaik berdasarkan assessment dan Guru Penggerak akan mendapat kesempatan menjadi pemimpin untuk menggerakkan sekolah dalam jangka waktu tiga bulan pertama. Setelah itu, kita akan evaluasi. Bila hasilnya bagus, masa jabatan mereka akan diperpanjang,” tambahnya.

Pendekatan ini merupakan bagian dari strategi Dinas Pendidikan Aceh untuk memastikan kekosongan kepala sekolah tidak mengganggu proses belajar mengajar dan manajemen sekolah. Marthunis berharap penunjukan Guru Penggerak dapat memberikan solusi efektif serta kesempatan kepada para guru untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan mereka.

Pertemuan yang dihadiri oleh semua Kacabdisdik se-Aceh ini diharapkan dapat segera mengidentifikasi dan mengusulkan Guru Penggerak yang memenuhi kriteria untuk mengisi posisi Plt kepala sekolah. Kebijakan ini juga diharapkan dapat mendorong semangat para Guru Penggerak untuk terus berinovasi dan berkontribusi lebih besar dalam dunia pendidikan.

Dengan adanya kebijakan ini, diharapkan kekosongan jabatan kepala sekolah dapat diatasi dengan cepat dan efektif, serta membawa dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Aceh. Marthunis menegaskan bahwa Dinas Pendidikan Aceh berkomitmen untuk terus memantau dan mengevaluasi kinerja Guru Penggerak yang ditunjuk sebagai Plt kepala sekolah, guna memastikan kualitas pendidikan tetap terjaga dan bahkan meningkat.

Melalui langkah ini, Dinas Pendidikan Aceh ingin menunjukkan dukungannya terhadap para Guru Penggerak yang telah berperan aktif dalam transformasi pendidikan.

“Mari kita bersama-sama menjaga komitmen ini dan bekerja dengan ikhlas demi masa depan pendidikan Aceh yang lebih baik,” pungkas Marthunis.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img