Sunday, July 14, 2024

Dinas Pendidikan Aceh dan UIN Ar-Raniry Perkuat Kerjasama, Tingkatkan Mutu Pendidikan Islami

NUKILAN.id | Banda Aceh – Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Aceh, khususnya dalam aspek pendidikan Islami, Dinas Pendidikan Aceh dan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menjalin kerjasama strategis. Fokus utama kerjasama ini adalah implementasi Kurikulum Islami Aceh yang diamanahkan oleh Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan.

Kurikulum Islami Aceh dirancang untuk menanamkan nilai-nilai Islam pada peserta didik sejak dini, sesuai dengan kekhasan Aceh sebagai daerah yang menerapkan syariat Islam. Diharapkan, implementasi kurikulum ini mampu melahirkan generasi muda Aceh yang berkarakter Islami dan berakhlak mulia.

Kurikulum ini mencakup berbagai mata pelajaran, seperti Al-Qur’an, Hadist, Fiqh, Aqidah, dan Sejarah Islam. Selain itu, pengembangan karakter Islami seperti akhlakul karimah, kejujuran, dan tanggung jawab menjadi salah satu fokus utama.

Untuk memperkuat implementasi Kurikulum Islami Aceh, Dinas Pendidikan Aceh menjalin kerjasama dengan UIN Ar-Raniry. Dalam kunjungan kerja Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Marthunis, ST., D.E.A., ke UIN Ar-Raniry pada Jumat, 21 Juni 2024, kedua pihak sepakat meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan yang mengajar mata pelajaran agama Islam.

Dinas Pendidikan Aceh juga merencanakan pemanfaatan program Kampus Mengajar yang diinisiasi bersama UIN Ar-Raniry untuk merevitalisasi laboratorium di SMA dan SMK di Aceh. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan dan mendukung proses belajar mengajar mata pelajaran agama Islam dengan lebih baik.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag., menyambut baik kerjasama ini dan menyatakan kesiapan institusinya untuk memberikan dukungan penuh.

“Kami siap berkolaborasi dan memberikan dukungan penuh untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik di Aceh, terutama melalui implementasi kurikulum Islami yang sudah dicanangkan,” ujar Mujiburrahman.

Kerjasama antara Dinas Pendidikan Aceh dan UIN Ar-Raniry ini diharapkan dapat menjadi langkah nyata dalam mewujudkan visi dan misi bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan di Aceh, khususnya dalam aspek pendidikan Islami. Dengan implementasi kurikulum yang efektif dan didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten, generasi muda Aceh diharapkan dapat tumbuh menjadi insan yang berkarakter Islami dan siap membangun Aceh yang lebih gemilang.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img