Wednesday, December 7, 2022

Abuya Syekh H Amran Waly ajak Masyarakat Berzikir untuk Bangsa di Masjid Raya Baiturrahman

Nukilan.id – Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Indonesia (MPTT-I) Aceh menggelar Zikir Akbar Rateb Siribee di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Minggu 28 Agustus 2022.

Kegiatan Zikir Akbar Rateb Siribee tersebut mengusung tema “Bangun Untuk Allah” mengajak seluruh lapisan masyrakat Aceh berzikir untuk bangsa di momen Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Ketua Koordinator Rateb Siribee, Tgk Syukri Pango mengatakan, ikut hadir pada acara tersebut penggagas rateb siribee Abuya Syeck H. Amran Waly Al-Khalidi pada malam senin ini untuk mengisi kajian tauhid tasawuf dan zikir akbar rateb seribee untuk bangsa dalam rangka mensyukuri nikmat kemerdekaan.

Tgk Syukri menjelaskan, tujuan pengajian tauhid tasawuf untuk mempelajari dan meningkatkan ketauhidan dalam bertauhid mulai dari tauhid akidah, tauhid tasawuf dan tauhid sufi. Ilmu ini diangkat kembali oleh pendiri MPTTI Abuya Syeck H. Amran Waly Al-Khalidi.

Lebih lanjut kata Tgk Syukri, masyarakat se-Aceh maupun luar negeri sangat antusias mengikuti pengajian tauhid tasawuf dan rateb seribee tersebut. Setelah di Masjid Raya Abuya juga akan melaksanakan Safari dakwah di beberapa kawasan di Malaysia yaitu Kuala Lumpur Selangor, Malaka, Batu Pahat.

Ia menyampaikan, kegiatan Rateb Seribee di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh sudah berlangsung selama 5 tahun. Namun sempat terhenti karena covid-19 melanda.

Sementara itu, Ketua Umum MPTT-I Pusat, Abi Sahal Tastari mengajak seluruh masyarakat aceh untuk berzikir kepada Allah, sebab zikir adalah sebagai pembuka pintu hadhrat agar kita dapat menjadi insan yang paripurna merdeka dari kebudakan hawa dan cinta dunia yang membawa kepada kebinasaan dan kehancuran.

Kemerdekaan yang hakiki adalah merdeka dari kebodohan, kemalasan, kenafiqan,& kesyirikan agar dapat hidup bersama Allah dalam meniti kehidupan.

MPTT-I Aceh juga mengundang Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Pj Walikota Banda Aceh, Kajati Aceh, Pangdam IM, Polda Aceh,  MPU Aceh, Rektor UIN Ar-Raniry, Imam besar Masjid raya Baiturrahman dan ribuan jamaah dari berbagai daerah Kabupaten/Kota.

“Besar harapan kita kegiatan seperti ini terus mendapat dukungan dari pemerintah agar Aceh terus damai, tenteram dan terus membangun,” tambah koordinator lapangan Pak ilyas yang akrab di sapa Abu Mayor.

Reporter: Reji

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img