RI Bangun Pipa Gas Aceh-Jawa Timur, Proyek Cisem II Dikebut

Share

NUKILAN.id | Jakarta – Pemerintah resmi memulai pembangunan proyek pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) Tahap II sepanjang 245 kilometer (km). Proyek ini mencakup jalur yang menghubungkan Batang, Cirebon, hingga Kandang Haur Timur, dengan tujuan utama mengintegrasikan jaringan pipa gas nasional dari Aceh hingga Jawa Timur.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Laode Sulaeman, menjelaskan bahwa pengembangan infrastruktur gas bumi ini merupakan bagian dari upaya besar pemerintah untuk menyambungkan jalur-jalur transmisi yang belum terintegrasi.

“Pemerintah sudah mencanangkan pembangunan infrastruktur gas ini agar bisa membangun transmisi gas yang menyambungkan Aceh dan Jawa Timur dalam satu garis pipa gas,” kata Laode dalam acara Energy Corner CNBC Indonesia, Kamis (3/10/2024).

Menurut Laode, pembangunan jaringan pipa ini sangat penting mengingat kebutuhan gas untuk pasar domestik semakin meningkat dan telah melampaui kebutuhan untuk ekspor.

“Kalau 10 tahun lalu kita masih besar ekspor, sekarang sudah lebih besar kita manfaatkan dalam negeri,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa masih ada dua ruas jalur transmisi yang belum tersambung, yaitu Cirebon-Semarang dan Dumai-Sei Mangkei, yang menjadi prioritas pemerintah dalam pengembangan infrastruktur gas nasional.

“Dua ruas tersebut adalah dari Cirebon-Semarang dan dari Dumai ke Sei Mangkei di Sumatera. Ini merupakan bagian penting untuk menyatukan jalur pipa gas dari Aceh hingga Jawa Timur,” jelasnya.

Pembangunan pipa gas Cisem ini diharapkan dapat mendukung pemanfaatan gas bumi secara lebih efisien di dalam negeri dan mempercepat penyediaan energi untuk kebutuhan industri dan rumah tangga di sepanjang jalur tersebut.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Read more

Local News