Pemkab Aceh Besar dan USK Jalin Kerja Sama untuk Tingkatkan Literasi Desa

Share

NUKILAN.id | Jantho – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Besar menandatangani kerja sama dengan Universitas Syiah Kuala (USK) terkait program Library Tour di Desa Binaan USK. Penandatanganan berlangsung di Ruang Adnan Ganto, UPT Perpustakaan dan E-Learning USK, Darussalam, Banda Aceh, Jumat (27/9/2024).

Kerja sama tersebut ditandatangani oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Besar, Fazlun SH MT, dan Wakil Rektor Bidang Akademik USK, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si, IPU.

Fazlun dalam sambutannya mengatakan, kerja sama ini merupakan upaya dalam meningkatkan minat baca dan mengembangkan perpustakaan di gampong serta sekolah di Aceh Besar, sesuai dengan arahan Penjabat Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto.

“Sesuai arahan Pak Pj Bupati, kami sangat senang bisa menjalin kerja sama ini dalam rangka meningkatkan literasi dan minat baca, serta memajukan perpustakaan di gampong dan sekolah,” ujar Fazlun.

Ia menambahkan, capaian Aceh Besar dalam pembinaan dan pendampingan perpustakaan, baik di tingkat desa maupun sekolah, diharapkan akan semakin meluas dengan adanya dukungan dari pihak akademisi dan penelitian dari mahasiswa USK.

“Dengan dukungan akademisi dan penelitian dari mahasiswa, kami yakin kemajuan literasi yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat dapat lebih cepat terwujud,” kata Fazlun.

Fazlun juga menjelaskan bahwa perpustakaan gampong di Aceh Besar telah bertransformasi menjadi perpustakaan berbasis inklusi sosial, tidak lagi hanya sekadar tempat membaca.

“Transformasi yang digagas oleh Perpustakaan Nasional ini telah mengubah wajah perpustakaan gampong menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinteraksi, berkreasi, dan bahkan menghasilkan pendapatan melalui fasilitas yang didukung dana desa,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor USK Bidang Akademik, Prof. Agussabti, mengaku bangga dengan capaian literasi yang telah diraih Pemerintah Aceh Besar hingga ke tingkat nasional, baik dari perpustakaan gampong maupun sekolah.

“Capaian tersebut bisa menjadi studi tiru bagi mahasiswa kami dalam upaya peningkatan keilmuan dan pengembangan ilmu. Kami sangat bangga bisa menjalin kerja sama ini dan berharap dapat terwujud sebagaimana cita-cita kita semua,” kata Agussabti.

Kerja sama ini mencakup bidang pendidikan, penelitian, pembinaan perpustakaan, peningkatan literasi, pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Semua upaya ini diharapkan dapat mendukung program peningkatan literasi masyarakat secara luas.

Editor: Akil

Read more

Local News