Friday, September 20, 2024
1

Kakanwil Kemenag Aceh Harapkan Peserta KSM Nasional Tingkatkan Semangat Juang

NUKILAN.id | Banda Aceh — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Aceh, Drs. H. Azhari, M.Si., menyampaikan harapannya kepada para peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional untuk meningkatkan semangat juang dalam persiapan menuju ajang kompetisi nasional. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Pembinaan KSM Nasional yang berlangsung di Oasis Hotel, Lueng Bata, Banda Aceh, Senin (26/8/2024).

“Kepada para juara tingkat provinsi yang akan ikut serta dalam even nasional, kami harapkan dan kita dukung, mari tingkatkan semangat juang. Apalagi perjalanan perlombaan masih jauh, masih panjang,” ujar Azhari.

Dalam kesempatan tersebut, Azhari mengajak para calon juara nasional yang akan berlaga pada September nanti di Maluku Utara untuk terus berlatih sesuai dengan arahan instruktur. Ia juga menekankan pentingnya semangat dan motivasi dalam menghadapi persaingan yang ketat.

“Teruslah melatih. Latihanlah hingga juara. Dan jika nanti belum juara, jangan pula kecewa, tapi kita introspeksi dan berjuang lagi. Jika ada kekurangan, kita akan perbaiki, maka anak-anak kami tetap bersemangat,” tegasnya di hadapan para peserta yang sebagian besar merupakan juara provinsi yang diumumkan dua pekan lalu.

Azhari yang didampingi oleh Kabag Tata Usaha Ahmad Yani, S.Pd.I., dan Kabid Pendidikan Madrasah (Penmad) H. Zulkifli, S.Ag., M.Pd., menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas capaian para peserta yang seluruhnya berasal dari madrasah.

“Kami sangat bangga dengan capaian anak-anak madrasah kali ini. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya selama pembinaan ini,” katanya.

Sementara itu, Kabid Penmad H. Zulkifli, S.Ag., M.Pd., dalam laporannya mengungkapkan bahwa pembinaan ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dengan maksimal agar mereka siap berkompetisi di tingkat nasional.

“Selama dalam pembinaan atau karantina sebelum berangkat ke Ternate, Maluku Utara, peserta akan dibimbing oleh tim berpengalaman, termasuk instruktur dan pelatih terbaik dalam bidang sains,” jelas Zulkifli.

Lebih lanjut, Zulkifli menyebutkan bahwa pembinaan berlangsung selama enam hari hingga Sabtu, 31 Agustus 2024. Para peserta diberi materi bimbingan, latihan soal, serta motivasi agar siap berlaga di ajang KSM Nasional.

Adapun peserta yang mengikuti pembinaan ini terdiri dari 5 jenjang MI, 9 MTsN, dan 9 MA. Beberapa di antaranya adalah juara I tingkat provinsi dan peringkat nasional, seperti Teuku Aulia Rifa’i (MIN 1 Aceh Tengah) yang meraih Juara Terbaik I bidang Matematika, dan Ana Safira (MAN 1 Aceh Tengah) yang menjadi Juara Terbaik I bidang Biologi.

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, termasuk Kakankemenag Banda Aceh, H. Salman, S.Pd., M.Ag., dan Kakankemenag Aceh Besar, H. Saifuddin, S.E., yang turut memberikan dukungan kepada para peserta.

Dengan semangat dan persiapan matang, diharapkan para siswa madrasah dari Aceh ini dapat memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama madrasah di ajang nasional nanti.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img