Friday, September 20, 2024
1

Mahasiswa Pencinta Alam UIN Ar-Raniry Kibarkan Merah Putih di Air Terjun Seulawah

NUKILAN.id | Banda Aceh – Sekelompok mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup (PA-LH) GAINPALA, sukses mengibarkan bendera Merah Putih di air terjun Gunung Seulawah Agam, Aceh Besar, pada Sabtu (17/8/2024). Aksi ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

Pengibaran bendera di lokasi yang terpencil ini tidak mudah. Ketua Umum UKM PA-LH GAINPALA Ar-Raniry, Muhammad Raihan, menjelaskan bahwa butuh perjuangan ekstra untuk mencapai air terjun yang terletak di lembah Gunung Seulawah Agam, Kecamatan Leumbah Seulawah.

“Kami harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit ke arah barat laut dari pos ranger pendakian Gunung Seulawah, atau sekitar tujuh kilometer dari pintu rimba/alur beton,” kata Raihan.

Medan yang harus dilalui cukup menantang, dengan lereng berbatu yang curam. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat para mahasiswa untuk mengibarkan Merah Putih di sana.

“Kami sengaja memilih air terjun Gunung Seulawah Agam sebagai lokasi pengibaran bendera dengan tujuan mempromosikan wisata alam Aceh sekaligus mengkampanyekan kelestarian lingkungan dan memperkuat jiwa nasionalisme,” tambahnya.

Dalam aksi tersebut, dua canyoner profesional dari UKM PA-LH GAINPALA, Khairul Azmi dan Huzaifah Abdul Azis, turut berperan penting. Keduanya dengan sigap melakukan pengibaran bendera di bawah guyuran air terjun, menambah kesan dramatis pada peringatan kemerdekaan kali ini.

Perayaan HUT RI di Air Terjun Seulawah ini berlangsung khidmat dan penuh semangat. “Acara ini berhasil memadukan semangat nasionalisme dengan kecintaan terhadap alam. Kami ingin menunjukkan bahwa semangat kemerdekaan tetap berkobar di hati seluruh rakyat Indonesia, bahkan di tempat yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan,” pungkas Raihan.

Aksi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam, sekaligus menanamkan nilai-nilai patriotisme di kalangan generasi muda.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img