Banda Aceh Jadi Daerah Terpanas di Indonesia dalam Sepekan Terakhir

Share

NUKIAN.id | Banda Aceh – Cuaca panas terus melanda Indonesia dalam sepekan terakhir, dengan Kota Banda Aceh menempati peringkat pertama sebagai daerah terpanas. Suhu udara di kota ini mencapai 37 derajat Celsius, menjadikannya daerah terpanas di Indonesia. Selain Banda Aceh, sejumlah wilayah di Aceh lainnya juga masuk dalam 10 besar daerah terpanas dengan suhu udara di atas 35 derajat Celsius.

Menurut data yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Blang Bintang, Aceh Besar, pada Minggu (21/7/2024), cuaca di Kota Banda Aceh diperkirakan cerah dari pagi hingga malam hari. Suhu udara berkisar antara 25 hingga 37 derajat Celsius dengan kelembaban udara di angka 40 hingga 80 persen.

Prakirawan BMKG menjelaskan, panasnya suhu udara di wilayah Aceh dalam beberapa hari terakhir disebabkan oleh puncak musim kemarau.

“Wilayah Aceh saat ini sedang berada di puncak musim kemarau, yang mengakibatkan suhu udara meningkat secara signifikan,” ujar seorang prakirawan BMKG.

Untuk wilayah Aceh Besar, cuaca diperkirakan cerah sepanjang hari dengan suhu udara antara 22 hingga 33 derajat Celsius dan kelembaban udara 45 hingga 90 persen. Sementara di Sabang, cuaca juga diperkirakan cerah dengan suhu udara berkisar antara 29 hingga 32 derajat Celsius dan kelembaban udara 60 hingga 85 persen.

Berikut adalah 10 wilayah di Indonesia dengan suhu udara terpanas dalam sepekan terakhir:

  1. Banda Aceh: 36,3 – 37 derajat Celsius
  2. Aceh Utara: 35,2 derajat Celsius
  3. Deli Serdang, Sumatera Utara: 34,7 derajat Celsius
  4. Sambas, Kalimantan Barat: 34,6 derajat Celsius
  5. Sabang, Aceh: 34,2 derajat Celsius
  6. Bulungan, Kalimantan Utara: 33,9 derajat Celsius
  7. Pekanbaru, Riau: 33,8 derajat Celsius
  8. Kota Bengkulu: 33,6 derajat Celsius
  9. Semarang, Jawa Tengah: 33,7 derajat Celsius
  10. Indragiri, Riau: 33,6 derajat Celsius

Suhu panas yang melanda kota-kota ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk letak geografis, aktivitas industri, urbanisasi, dan kondisi cuaca. Masyarakat di kota-kota ini diimbau untuk mengambil langkah-langkah menghadapi kondisi panas, seperti mengenakan pakaian yang nyaman, mengonsumsi banyak air, dan menghindari aktivitas berat di luar ruangan saat suhu sedang tinggi.

Dengan pemahaman dan persiapan yang baik, dampak negatif dari suhu panas bisa diminimalkan. Tetap jaga kesehatan dan perhatikan kondisi cuaca agar tetap nyaman dan aman.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Read more

Local News