Saturday, September 21, 2024
1

Kapal Tol Laut Layani Rute Tanjung Priok – Aceh

Nukilan.id – Aceh kembali meraih layanan tol laut, kali ini melalui inisiatif Kementerian Perhubungan. Layanan angkutan barang ini mendapat pembiayaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan tujuan melayani logistik ke seluruh wilayah di Indonesia.

Terdapat dua rute yang akan dilayani oleh angkutan Tol Laut di Aceh. Pertama, rute Tanjung Priok – Patimban – Lhokseumawe – Malahayati – Patimban – Tanjung Priok. Kedua, rute Teluk Bayur – Gunung Sitoli – Sinabang – Pulau Baai – Teluk Bayur. Kedua rute ini diumumkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP.DJPL 639 Tahun 2023.

“Melalui program ini, Pemerintah terus berupaya mendorong konektivitas dan menekan disparitas harga antar wilayah,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Teuku Faisal, di Banda Aceh pada Kamis, 1 Februari 2024.

Dengan frekuensi layanan Tol Laut yang akan beroperasi dua kali dalam sebulan, distribusi logistik dari dan ke berbagai wilayah di Aceh menjadi lebih mudah karena ketersediaan aksesibilitas yang mendukung aktivitas perekonomian.

“Adanya pelayaran langsung dari Tanjung Priok ke Aceh perlu dimanfaatkan oleh pelaku usaha di Aceh karena rutenya langsung dan tarif yang murah karena disubsidi oleh Pemerintah. Harapannya bisa mendorong tumbuhnya perekonomian daerah,” tambah Teuku Faisal.

Tak hanya itu, Teuku Faisal mengajak semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat, untuk terus berkolaborasi dalam mengoptimalkan layanan Tol Laut di Aceh. 

“Hasil evaluasi kami terhadap pemanfaatan kapal Tol Laut pada tahun-tahun sebelumnya masih rendah. Tahun ini, mudah-mudahan bisa lebih baik lagi,” tutupnya. []

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img