FDK UIN Ar-Raniry Gelar Pelatihan Pengolahan Limbah Jadi Produk Bernilai

Share

Nukilan.id – Program Study (Prodi) dan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menggelar pelatihan life skill “Praktik Pengelolahan Limbah Menjadi Produk Bernilai Ekonomis (Larva Pakan Ternak)” di Taman Sanggamara Pendopo Food Park, Banda Aceh, Kamis (14/10/2021).

Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Prodi PMI FDK UIN Ar-Raniry, Dr. Rasyidah, M.Ag yang didampingi Sekretaris Prodi, Sakdiah,M.Ag.

“Sangat bersyukur, mahasiswa dapat mengikuti kegiatan ini secara langsung turun ke lapangan pada pelatihan life skill ini,” kata Dr Rasyidah dalam sambutanya saat membuka acara pelatihan itu.

Sementara itu, Asisten Logistik (Aslog) Kasdam Iskanda Muda (IM), Kolonel CPL Reki Feriyanto, SE menyampaikan bahwa, dirinya sangat hoby dalam budidaya manggot, sebelumnya beliau belajar ototidak yaitu belajar dari Youtube dan Google namun gagal.

Meskipun demikian, beliau tidak putus semangat, beliau mengundang kawannya yang youtuber berasal dari Medan untuk belajar langsung dari kawannya.

Begitulah kegigihan beliau dalam mencapai sesuatu yang benar-benar ingin didapatkan. Awal timbul keinginan untuk Budidaya manggot dengan melihat banyak sampah- sampah yang tidak dimanfaatkan.

Cara beliau meminimalisir sampah organik dengan selalu membawa Tupperware yang dijadikan sebagai tempat penyisihan sisa makanan yang akan dibawa pulang kemudian diolah dan diberikan ke manngot.

Kegiatan ini diikuti dengan jumlah peserta mahasiswa sebanyak 30 orang di antaranya mahasiswa angkatan 2018, angkatan 2019 dan angkatan 2020.

“Ini kesempatan langka untuk melihat langsung proses inkubasi-inkubasi manggot. Memang sudah saatnya kita kembali ke alam karena dengan kondisi sekarang ini sampah itu menjadi masalah utama di seluruh dunia,” ” kata salah satu perwakilan peserta.

Nurhasballah salah satu peserta juga menambahkan, dengan adanya pelatihan observasi inkubasi menggot ini, maka para peserta dapat menambah wawasan tentang pengolahan sampah yang ramah lingkungan dan berpotensi ekonomi untuk mensesejahterakan masyarakat.

Reporter: Hadiansyah

Read more

Local News