NUKILAN.id | Jakarta — WhatsApp tengah mengembangkan fitur baru yang memungkinkan pengguna memverifikasi keaslian gambar secara langsung di aplikasi. Fitur bernama search on web ini bekerja seperti pencarian gambar terbalik (reverse image search) yang memungkinkan pengguna mencari gambar berdasarkan visualnya.
Mengutip WABetaInfo, fitur ini dirancang untuk mendeteksi konten manipulatif dan informasi menyesatkan, sehingga membantu pengguna mengevaluasi kredibilitas gambar yang dibagikan.
WhatsApp kini berkomitmen menghadirkan pengalaman konsisten di seluruh platform, termasuk klien web, agar pengguna dapat memverifikasi keaslian gambar yang mereka kirim atau terima,” tulis WABetaInfo dalam laporannya, Kamis (2/1/2025).
Fitur tersebut sudah diuji coba pada versi beta Android 2.24.23.13 dan versi web WhatsApp. Cara kerjanya cukup sederhana: ketika pengguna membuka gambar yang diterima atau dikirim, mereka bisa mengakses opsi search on web dengan mengklik ikon tiga titik di pojok kanan atas. WhatsApp akan mengunggah gambar ke Google untuk melakukan pencarian gambar terbalik, memungkinkan pengguna membandingkan gambar dengan konteks asli yang tersedia di situs web.
Konteks tambahan ini membantu menentukan apakah gambar telah diedit, dimanipulasi, atau digunakan di luar konteks sebenarnya. Dalam banyak kasus, gambar yang diteruskan dari orang lain bisa menyesatkan karena kurangnya informasi pendukung.
Selama ini, proses verifikasi memerlukan langkah manual seperti mengunduh gambar dan mencarinya di Google melalui desktop. Fitur baru ini menyederhanakan proses tersebut, memberikan pintasan pencarian langsung dari aplikasi WhatsApp.
WhatsApp memastikan bahwa semua operasi pengunggahan gambar dilakukan oleh Google dan tidak memiliki akses ke konten gambar pengguna. Sebelum mengunggah, pengguna akan diberi pemberitahuan tentang kebijakan berbagi informasi dan diminta memberikan persetujuan, memastikan transparansi dan kenyamanan pengguna.
Dengan inovasi ini, WhatsApp bertujuan meningkatkan kesadaran akan informasi palsu dan membantu pengguna membuat keputusan yang lebih bijak terkait konten yang mereka terima dan bagikan.
Editor: Akil