Wednesday, October 5, 2022

Tips Menghilangkan Kulit Belang Setelah Berenang

Nukilan.id – Berenang adalah olahraga yang bisa menyegarkan badan dan membentuk postur tubuh menjadi bagus. Sayangnya, olahraga berenang bisa menyebabkan kulit wajah menjadi belang. Karena terpapar oleh sinar matahari dan kaporit.

Kaporit adalah bahan kimia yang digunakan untuk menjernihkan kolam renang. Namun, kaporit sangat berbahaya untuk kulit, karena menyebabkan iritasi kulit dan rasa terbakar pada kulit. Hal ini akan membuat kulit terlihat menggelap dan belang.

Kulit belang bisa membuat para perempuan menjadi tidak percaya diri. Untuk itu Sahabat Fimela harus merawat kulit wajah agar tidak menggelap setelah berenang. Berikut cara menghilangkan kulit belang setelah berenang:

Penyebab Kulit Belang Saat Berenang

Saat berenang, kulit wajah akan sangat mudah terkena paparan sinar matahari dan kaporit di kolam. Kedua hal ini akan menyebabkan kulit wajah menggelap, teksturnya kering, dan iritasi. Setelah berenang, kulit akan cenderung menjadi belang.

Sebenarnya lapisan kulit memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kulit akan memproduksi pigmen yang disebut dengan melanin, untuk melindungi lapisan sel kulit yang terpapar sinar matahari. Namun, kalau Sahabat Fimela sering berenang di bawah sinar matahari, maka pigmen melanin lama kelamaan akan menggelap, yang disebakan karena banyak sel kulit yang terbakar oleh radiasi sinar UVA dan UVB.

Selain itu, kaporit adalah kandungan kimia berbahaya untuk kulit. Kandungan ini akan menyebabkan kulit iritasi dan kering. Lapisan kulit akan mengalami kerusakan dan menyebabkan warnanya belang.

Cara Menghilangkan Kulit Belang

1. Menggunakan Skincare

Sebelum berenang sebaiknya menggunakan skincare pagi terlebih dahulu. Produk skincare bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan membantu melindungi kulit dari kaporit. Skincare wajib digunakan sebelum dan setelah berenang, agar kulit lebih lembut dan mencegah iritasi.

2. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya harus digunakan sebelum dan sesudah berenang. Usahakan aplikasikan tabir surya minimal 30 menit sebelum berenang. Tabir surya akan membantu melindungi kulit agar tidak belang. Gunakan tabir surya yang memiliki kandungan minimal SPF 30 PA+++, dan yang tidak mudah luntur terkena air.

3. Gunakan Produk Eksfoliasi

Cara menghilangkan kulit belang setelah berenang yang selanjutnya yaitu menggunakan produk eksfoliasi. Produk ini memiliki sifat sebagai eksfoliator, yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati di kulit. Penumpukan sel kulit mati di kulit akan mengakibatkan warna kulit menjadi belang.

Produk eksfoliasi yang bisa digunakan adalah produk yang memiliki kandungan AHA dan BHA, seperti yang terdapat pada produk toner, atau yang memiliki butiran halus berupa scrub dan masker. Gunakan produk eksfoliasi di malam hari, setiap 2 kali seminggu.

Cara Memilih Tabir Surya

1. Pilih Jenis Tabir Surya

Pastikan Sahabat Fimela memilih jenis tabir surya yang cocok untuk kulit. Ada 3 jenis tabir surya yang bisa digunakan yaitu chemical sunscreen, physical sunscreen dan hybrid sunscreen.

Chemical sunscreen dapat mengurai sinar matahari dan melepaskannya. Physical sunscreen atau mineral sunscreen adalah tabir surya yang cocok untuk bisa memantulkan sinar matahari.

Sedangkan jenis hybrid sunscreen adalah tabir surya yang terbuat dari gabungan chemical sunscreen dan physical sunscreen. Jenis ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, karena teksturnya ringan seperti chemical sunscreen, dan cara kerjanya seperti physical sunscree.

2. Pilih yang Mengandung Minimal SPF 30

Jika ingin berenang, kamu bisa memilih tabir surya yang memiliki kandungan uv protection minimal SPF 30. Tabir surya dengan SPF 30 sudah bisa memberikan perlindungan ekstra untuk kulit. Tetapi kalau ingin berenang dan berjemur di pantai, gunakan tabir surya dengan SPF 50.

3. Tekstur Ringan dan Melembapkan

Agar kulit tidak kering saat berenang, gunakan tabir surya yang ringan dan memiliki manfaat untuk melembapkan kulit. Pilihlah tabir surya yang memiliki tekstur lotion atau krim, pastikan formulanya ringan dan mudah meresap masuk ke dalam kulit. Untuk melembapkan kulit, pilih tabir surya yang mengandung centella asiatica, aloe vera, glycerin dan hyaluronic acid. [Fimela]

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img