Tuesday, June 25, 2024

Sudah Tertunggak 5 Bulan, Kadisdik Simeulue Pastikan TPP Guru akan Segera Cair

NUKILAN.id | Sinabang – Kekhawatiran para guru di Kabupaten Simeulue akhirnya menemukan titik terang setelah lima bulan menunggu pembayaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang tertunda. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Simeulue, Firmanudin, memastikan bahwa pencairan TPP akan segera diproses dalam waktu dekat.

Dalam keterangannya Firmanudin menyampaikan bahwa guru yang telah menduduki jabatan fungsional akan segera menerima pembayaran TPP mereka. “Insyaallah, besok atau lusa SPM-nya sudah ditandatangani,” ujarnya.

Firmanudin menjelaskan bahwa keterlambatan pembayaran TPP disebabkan oleh penyesuaian jabatan. Banyak guru ASN dan PPPK di Simeulue yang belum dilantik dalam jabatan fungsional, terutama mereka yang diangkat sejak tahun 2019. Namun, setelah melalui berbagai tahapan dan koordinasi dengan pihak terkait, proses pencairan TPP guru fungsional kini sedang dalam proses.

Selain TPP, Firmanudin juga menerangkan keterlambatan pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) dan Tunjangan Khusus Guru (TKG) yang disebabkan oleh terlambatnya transfer dana dari pusat ke daerah. Meskipun demikian, kedua tunjangan tersebut juga sedang dalam proses pencairan.

“Keterlambatan ini disebabkan oleh berbagai kendala administrasi dan penyesuaian, baik untuk TPP, TPG, maupun TKG,” jelas Firmanudin.

Namun ia menggarisbawahi bahwa TKG hanya diberikan kepada guru di dua sekolah di Simeulue, yaitu di Pulau Teupah dan Pulau Siumat, yang termasuk dalam kategori daerah terpencil.

Dengan adanya kepastian ini, diharapkan para guru di Simeulue dapat lebih tenang dan fokus dalam melaksanakan tugas mereka. “Kami berusaha semaksimal mungkin agar hak-hak para guru dapat segera terpenuhi,” tutup Firmanudin.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img