Nukilan.id – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN Persero) Unit Induk Distribusi Aceh meminta kepada masyarakat agar memastikan kondisi kelistrikan di rumah dalam keadaan aman. Hal ini dilakukan guna mencegah gangguan listrik yang dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan.
PLN juga mengajak setiap individu untuk berpartisipasi dalam meminimalisir risiko gangguan listrik yang bisa terjadi di dalam rumah masing-masing.
General Manager PLN UID Aceh, Parulian Noviandri, menekankan pentingnya pemeriksaan instalasi listrik di rumah sebelum meninggalkannya. Kemudian, PLN juga mengajak setiap individu untuk berpartisipasi dalam meminimalisir risiko gangguan listrik yang bisa terjadi di dalam rumah masing-masing.
Baca Juga: PLN Bagikan Tips Amankan Listrik Rumah Selama Mudik Lebaran
“Pastikan bahwa semua peralatan elektronik dan perangkat lain yang membutuhkan daya listrik berlebihan dimatikan sebelum ditinggalkan dalam waktu lama,” kata Novi kepada Nukilan.id, Selasa (4/7/2023).
Ia menyampaikan, masyarakat juga haruas melakuakn pemeriksaan kabel-kabel yang berpotensi menyebabkan korsleting atau hubung singkat sehingga itu merupakan langkah pencegahan agar tidak terjadi korsleting, kebakaran, atau tagihan listrik yang membengkak.
Novi juga memastikan bahwa petugas PLN akan tetap siaga selama liburan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan. Dengan adanya petugas yang siap tanggap, diharapkan pasokan listrik tetap dapat beroperasi secara normal dan gangguan dapat segera diatasi.
PLN UID Aceh juga memberikan beberapa tips kepada masyarakat untuk menikmati liburan dengan nyaman dan aman. Salah satunya adalah dengan memastikan telah membayar tagihan atau memasukkan token listrik dengan cukup sebelum liburan.
Selain itu, penggunaan alat-alat elektronik dan peralatan listrik yang memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) juga sangat dianjurkan untuk mengurangi risiko gangguan listrik.o Masyarakat juga diminta untuk mencabut steker peralatan listrik dari stop kontak guna menghindari potensi korsleting atau hubung singkat yang dapat terjadi selama mereka pergi.
Sementara itu, PLN juga menyediakan layanan pelanggan yang siap melayani keluhan dan permintaan bantuan dari masyarakat. Jika terdapat masalah terkait kelistrikan di rumah, masyarakat dapat melaporkan gangguan tersebut melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore.
“Dengan memastikan kondisi kelistrikan di rumah dalam keadaan aman, diharapkan masyarakat dapat menjalani liburan Lebaran dengan tenang dan nyaman, tanpa harus khawatir menghadapi gangguan listrik yang tidak diinginkan,” tutupnya. [Azril]