Pemadaman Listrik di Banda Aceh Dikeluhkan Warga hingga Pelaku Usaha

Share

NUKILAN.ID | BANDA ACEH – Sejumlah pelaku usaha di Banda Aceh mengeluhkan pemadaman listrik yang terjadi sejak Senin sore, 29 September 2025. Kondisi ini dinilai menghambat aktivitas usaha sekaligus memicu kerusakan peralatan elektronik.

Salah satu yang terdampak adalah Amal Izzaturridha, pengusaha depot air minum di kawasan tersebut. Kepada Nukilan.id, ia mengaku frustrasi dengan pemadaman listrik yang hampir setiap hari terjadi dalam sepekan terakhir.

“Saya lelah dengan kondisi ini,” kata Amal.

Amal menjelaskan, gangguan listrik menyebabkan mesin di tempat usahanya sering hidup-mati. Hal ini tidak hanya berdampak pada operasional, tetapi juga merugikannya secara pribadi. Ia bahkan mengalami kerusakan peralatan elektronik rumah tangga akibat kejadian serupa tahun lalu.

“Tahun lalu sempat demikian juga sehingga AC dan kulkas milik pribadinya rusak. Sekarang kulkasnya juga akan rusak akibat hal tersebut,” keluhnya.

Keluhan serupa juga disampaikan warga lainnya, Dandi. Karyawan swasta tersebut menuturkan, arus listrik tidak stabil hingga membuat peralatan elektronik di tempat kerjanya ikut rusak.

“Kemarin bola lampu di kantor saya langsung meledak. Kalau misalnya waktu itu tidak ada orang dan terjadi hal yang tak diinginkan, siapa yang tanggungjawab?” ungkapnya kesal.

Sebelumnya, dikutip dari RRI, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Aceh memberikan klarifikasi terkait pemadaman yang terjadi di sejumlah wilayah Aceh sejak pukul 16.30 WIB, Senin (29/9/2025).

PLN menyebut pemadaman terjadi akibat penguatan sistem pada interkoneksi transmisi 150 kilovolt (kV) jalur Bireuen–Arun, yang berdampak padamnya listrik di sebagian wilayah Aceh.

“Ratusan personel PLN telah diterjunkan untuk mengatasi gangguan, agar sistem kelistrikan segera pulih kembali,” kata Lukman Hakim, Manager Komunikasi & TJSL PLN UID Aceh.

PLN juga mengimbau masyarakat untuk sementara memutus aliran listrik pada peralatan elektronik, agar terhindar dari potensi kerusakan ketika listrik kembali menyala. Selain itu, PLN membuka layanan pengaduan resmi melalui Contact Center PLN 123 dan aplikasi PLN Mobile, guna memudahkan masyarakat melaporkan kendala listrik yang dialami. (XRQ)

Reporter: Akil

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Read more

Local News