Thursday, September 29, 2022

Menoreh Banyak Prestasi, Begini Capaian Kinerja Kanwil Kemenag Aceh

Nukilan.id – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Aceh di bawah kepemimpinan Dr. H. Iqbal, S.Ag, M.Ag telah banyak menoreh prestasi dan capaian kinerja yang memuaskan meski di tengah pandemi.

Berdasarkan penelusuran Litbang Nukilan, Minggu (7/8/2022), menemukan sejumlah capaian yang diraih Kakanwil Kemenag Aceh selama 2 tahun berjalan sejak dilantik pada 10 Juli 2020 lalu.

Pertama, Kanwil Kemenag Aceh di bawah kepemimpinan Dr. Iqbal sukses memberangkatkan jamaah haji Aceh tahun 2022, yaitu haji perdana pasca pandemi Covid-19. Sehingga jamaah haji Aceh menyatakan puas atas layanan dari Kanwil Kemenag Aceh.

Kedua, tahun 2022, Kanwil Kemenag Aceh sudah dua kali menembus prestasi nasional dalam pengelolaan anggaran, yakni menduduki peringkat 5 nasional realisasi anggaran sampai 10 Mei 2022 dan tertinggi ke 2 se-Indonesia serapan anggaran, terhitung per 27 Juli 2022.

Ketiga, bidang pendidikan, Madrasah di Aceh pada kepemimpinan Iqbal juga mendapatkan beberapa prestasi internasional, seperti siswi MAN 1 Banda Aceh berhasil luluskan anak didiknya dalam pertukaran pelajar ke Amerika Serikat, siswi MAN IC Aceh Timur juga mengikuti Program Pertukaran Pelajar Kegiatan American Leadership Exsperience tahun 2022 di Negeri Paman Sam, begitu juga siswa dari MAN Inovasi Abdya mengikuti Program Internasional Student di Malaysia.

Keempat, Kanwil Kemenag Aceh berhasil menerapkan kebijakan modernisasi belajar melalui digitalisasi pembelajaran di setiap Madrasah di Aceh.

Kelima, Kanwil Kemenag Acdh melakukan penguatan moderasi beragama untuk jajaran tokoh agama dan penyuluh agama untuk seluruh kabupaten kota di Aceh.

Selain itu, Kanwil Kemenag Aceh juga sukses mengumpulkan kepegawaian dalam satu waktu dapat menyelesaikan sekian ribu SK kenaikan pangkat.

Bukan itu saja, Dr. Iqbal berhasil menyukseskan sejumlah pembangunan proyek Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), yaitu gedung pusat layanan haji terpadu, kantor balai nikah dan manasik haji, dan pembangunan madrasah.

Kemudian, Kanwil Kemenag Aceh juva melakukan peningkatan status Pondok Pesantren di Aceh.

Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, tim Mayoret MAN 2 Banda Aceh memperoleh medali emas tingkat nasional, mereka akan diundang ke Istana Presiden pada 13 Agustus mendatang untuk menampilkan karya mereka.

Menaggapi hal itu, Dr. Iqbal mengaku, capaian yang diperoleh Kemenag Aceh tersebut tidak terlepas dari kerja keras tim yang solid, sehingga dapat mewujudkan apa yang terlihat hari ini.

“Kami selalu bergerak bersama untuk membuat perubahan yang lebih baik dan memberikan pelayanan yang prima sesuai tupoksi Kemenag Aceh,” kata Iqbal kepada media, Minggu (7/8/2022).

Menurutnya, sebagai pemimpin tidak terlepas dari banyak hal yang dibantu oleh tim untuk menyukseskan visi misi selama dirinya mengemban amanah untuk memimpin kelembagaan Kemenag Aceh.

“Capaian ini juga tidak terlepas dukungan dari berbagai pihak yang memang memberikan kontribusi nyata membuat perubahan secara bersama-sama. Mereka yang sudah berkontribusi selama ini punya andil besar untuk mendorong sekaligus memperbaiki tata kelola pelayanan di Kemenag Aceh,” jelas Dr. Iqbal.

Bahkan, lanjutnya, tidak terlepas juga peran pihak ulama yang memberikan masukan atau saran penting dalam memperbaiki pengelolaan dalam institusi Kemenag Aceh.

Karena itu, Dr. Iqbal mengucapkan ribuan terima kasih kepada para ulama, karena banyak Ulama Aceh yang telah memberikan masukan positif yang sangat baik kepadanya, sekaligus mendukung pencapaian Kanwil Kemenag Aceh. []

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img