Saturday, May 25, 2024

Menkes Sebut Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Tembus 10 Juta Orang

Nukilan.id – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan akan ada 10 juta masyarakat yang akan divaksinasi Covid-19 per hari ini, Jumat (26/2).

“Insya Allah hari ini vaksinasi akan menembus 10 juta vaksinasi, dengan kecepatan harian kita sudah mendekati 500.000 penyuntikan per hari,” ujar Budi secara virtual.

Budi pun berharap nantinya dengan ketersediaan vaksin yang sudah mencapai 15 juta per bulan di Maret dan April sudah diiringi dengan kecepatan penyuntikan pula.

Baca juga: Jokowi Instruksikan Cegah Lonjakan Covid-19

Meski begitu, Budi juga mengatakan terdapat berbagai negara yang mulai melakukan embargo vaksin. Hal ini lantaran terjadinya lonjakan kasus Covid di negara-negara tersebut.

Menurutnya, hal ini bisa mengganggu kedatangan vaksin atau ketersediaan vaksin dalam beberapa bulan ke depan. Karena itu, Budi pun mengatakan pemerintah akan mengatur laju vaksinasi. “Sehingga kita perlu berhati-hati mengatur laju penyuntikan vaksinnya agar tidak ada kekosongan vaksin nantinya,” tambah Budi.

Lebih lanjut, Budi mengingatkan agar masyarakat yang sudah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan mengingat vaksinasi tak membuat masyarakat kebal atas Covid-19.

Baca juga: Pemerintah Larang Mudik Lebaran 2021

Dia juga meminta agar masyarakat ikut membantu lansia segera mendapatkan vaksinasi Covid-19. Selain untuk menekan kasus Covid-19 dan menurunkan angka kemarin, hal ini juga bertujuan untuk menurunkan tekanan ke rumah sakit dan tenaga kesehatan.

“Bapak ibu yang masuk rumah sakit itu banyak lansia, oleh karena itu, tolong dibantu semua orang tuanya, kakeknya, neneknya, mertua, tante semua di atas 60 tahun tolong segera diajak divaksinasi, untuk semua kepala daerah dan tenaga kesehatan tolong konsentrasi memberikan vaksinasi ke lansia,” kata Budi.[Kontan.co.id]

Baca juga: Pemerintah Larang Mudik 2021, ASN Tunggu Aturan MenPAN-RB

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img