Thursday, May 30, 2024

Mendorong Jurnalisme Berkualitas, Pemerintah Kota Banda Aceh Siap Bersinergi dengan AMSI

NUKILAN.id | Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh mengungkapkan komitmennya untuk bersinergi dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dalam upaya mendorong jurnalisme berkualitas di era digital. Hal ini disampaikan oleh Fadhil, Asisten II Pemerintah Kota Banda Aceh, dalam acara pelantikan pengurus AMSI Aceh priode 2023-2027 di Aula Gedung Mawardi Nurdin, Balai Kota Banda Aceh, Sabtu (9/3/3034).

Dalam sambutannya, Fadhil menyatakan pentingnya peran media dalam proses pembangunan kota. Ia berujar bahwa kota ideal merupakan kota yang memberikan ruang besar pada media.

“Media untuk menjalankan fungsi sebagai produsen informasi, pendidikan, saluran hiburan, dan kontrol sosial,” ujar Fadhil.

Dalam menyikapi arus informasi yang deras namun tidak seluruhnya layak konsumsi, Fadhil mengapresiasi kehadiran AMSI yang mengusung visi untuk mengembangkan jurnalisme siber yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

“Kami sangat menantikan kolaborasi bersinambungan dengan AMSI di masa yang akan datang,” tambahnya.

Fadhil juga mengakui tantangan dalam menentukan kolaborasi dengan media yang tepat. Namun, ia menyatakan kenyamanan pemerintah daerah dalam bermitra dengan media yang telah terverifikasi oleh Dewan Pers.

“Secara administrasi sudah pasti jelas alamat kantornya, membayar pajak, membayar gaji pekerjanya secara rutin,” jelasnya.

Pemerintah Kota Banda Aceh juga memberikan dukungan penuh terhadap misi AMSI untuk mendorong integritas media siber di Indonesia, yang mengedepankan fakta dan prinsip jurnalistik yang baik.

“Jika media sehat, ekonomi Kota Banda Aceh juga berarti semakin membaik. Para pekerja media juga butuh sejahtera,” ungkap Fadhil.

Lebih lanjut, Fadhil menyambut baik disahkannya Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2024 tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas. Ia berharap regulasi tersebut dapat memperkuat kerjasama antara media dan platform digital dalam mendukung jurnalisme yang berkualitas.

Sebelum menutup sambutannya, Fadhil memberikan apresiasi kepada pengurus AMSI Aceh periode 2023-2027 atas komitmen mereka dalam mengembangkan media di daerah. Dia juga memberikan penghargaan kepada pengurus AMSI Aceh periode 2020-2023 atas dedikasinya dalam mendirikan AMSI Aceh

“Kami berharap seluruh anggota AMSI Aceh akan terus berkembang bisnisnya, serta upaya pengurus AMSI mendorong media-media anggota terverifikasi Dewan Pers berjalan lancar,” tutupnya.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img