Monday, February 26, 2024

Kerja Sama Indonesia-Malaysia Semakin Erat Lewat Seminar Madani

Banda Aceh – Hubungan antara Indonesia dan Malaysia kian erat dengan diselenggarakannya Seminar Antarbangsa Madani ke-5 di Banda Aceh, Senin (2/10). Acara akademik tingkat internasional itu diselenggarakan atas kerja sama Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dan Universiti Malaysia Terengganu (UMT).

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman, menyambut baik kolaborasi tersebut. Menurutnya, ini memperlihatkan komitmen kedua negara tetangga dalam menjalin hubungan melalui dunia pendidikan.

“Kerja sama ini patut diapresiasi. Ini contoh nyata bagaimana Indonesia dan Malaysia bisa bekerja sama memajukan dunia akademik melalui kegiatan-kegiatan positif seperti seminar internasional,” ujarnya.

Sementara itu, ratusan akademisi dari kedua negara turut antusias dalam acara tersebut. Mereka saling berbagi pengetahuan melalui diskusi dan presentasi dalam lima sesi paralel.

Topik yang dibahas sangat beragam, dari studi keislaman, ilmu sosial, bahasa, pendidikan, hingga budaya. Namun semuanya dikaitkan dalam perspektif kearifan lokal dan peradaban Nusantara.

“Saya senang dengan kolaborasi ini karena bisa belajar banyak dari akademisi Malaysia. Mereka juga tertarik mempelajari kearifan lokal Indonesia. Ini contoh nyata manfaat hubungan bilateral yang erat,” ujar salah satu peserta dari UIN Ar-Raniry.

Dengan antusiasme para akademisi kedua negara, acara ini diharapkan dapat terus berlanjut dan mempererat hubungan Indonesia-Malaysia. Kerja sama di bidang pendidikan dan riset patut terus ditingkatkan demi kemajuan bersama.

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img