Monday, February 26, 2024

Kampung Budaya Aceh Segera Hadir di Sentul

Nukilan.id – Masyarakat Indonesia yang ingin merasakan keindahan budaya Aceh, namun belum memiliki kesempatan untuk mengunjungi Aceh, kini dapat menikmatinya tanpa harus bepergian jauh. 

Sebuah inisiatif yang diperkenalkan oleh Mayor Jenderal TNI Herianto Syahputra, seorang Putra Aceh dan saat ini menjabat sebagai Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat, akan menghadirkan “Kampung Budaya Aceh” di Kampung Abdi, Sentul, Bogor, Jawa Barat. 

Pembangunan ini akan mencakup rumah adat dan Pusat Seni Budaya, yang dijadwalkan akan diresmikan pada tanggal 16-17 Desember mendatang.

Menurut Herianto Syahputra, inisiatif ini merupakan bentuk kepedulian terhadap warisan budaya Aceh yang luar biasa, mulai dari seni tari hingga kuliner khas Aceh.

Sebagai bagian dari acara peresmian, sekitar 1.500 penari dari pelajar tingkat SMP dan SMA se-Jabodetabek akan memeriahkan “Launching Kampung Budaya Aceh” yang dinamakan ‘Kampoeng Boedaya Atjeh’. 

Acara ini dijadwalkan berlangsung di Kampung Abdi, Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada 16 dan 17 Desember 2023 mendatang.

Herianto menyampaikan bahwa seni tari Aceh saat ini cukup diminati oleh para pelajar se-Jabodetabek melalui program Seni Masuk Sekolah, sebuah program yang didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Acara puncak launching Kampoeng Boedaya Atjeh akan diramaikan oleh tarian massal Ratoh Jaroe, yang sebelumnya telah memeriahkan pembukaan Asian Games 2018. Selain itu, Festival Kuah Beulangong dengan 23 kuali sebagai representasi 23 kabupaten dan kota di Aceh juga akan menjadi salah satu sorotan dalam acara tersebut.

Kuah Beulangong, sebuah hidangan khas Aceh berupa daging sapi atau kambing yang dilumuri dengan bumbu khas Aceh, akan dihadirkan dalam festival tersebut. Herianto Syahputra menegaskan bahwa Kampoeng Boedaya Atjeh akan menjadi pusat seni dan budaya Aceh di Jabodetabek dan sekitarnya. 

Proyek ini akan mencakup pembangunan rumah adat Aceh dan berbagai sarana seperti sanggar tari, yang akan dikelola oleh Yayasan Kampoeng Boedaya Indatu Atjeh dengan kepemimpinan Feri Mulya Darma, SE, dan Herianto sebagai pembina.

Feri Mulya Darma, SE, selaku Ketua Yayasan Kampoeng Boedaya Indatu Atjeh, mengundang seluruh masyarakat Aceh di Jabodetabek dan sekitarnya untuk hadir dalam acara peresmian di Kampung Abdi Sentul pada tanggal 16 dan 17 Desember 2023. 

Masyarakat diajak untuk menikmati sajian Kuah Beulangong dan beragam pertunjukan seni dan budaya Aceh, termasuk tarian Ratoh Jaroe yang melibatkan 1.500 penari dari pelajar tingkat SMP dan SMA se-Jabodetabek.

“Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk datang, menyaksikan, dan menikmati launching Kampung Budaya Aceh pada tanggal 16 dan 17 Desember 2023 mendatang,” ungkap Feri Mulya Darma. []

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img