Tuesday, June 25, 2024

Kadispora Aceh: Pemda Simeulue Harus Kembalikan Kejayaan Olahraga Dayung

NUKILAN.id | Simeulue – Atlet pencak silat Kalimantan Tengah yang akan bertanding pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara (Aceh-Sumut) terus meningkatkan latihan dan menguatkan mental bertanding agar saat di PON mentalitasnya baik.

Salah satu Tim Official Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kalteng, Anton Argarandi Nahan, Sabtu 25 Mei 2024 mengatakan apabila mental bertanding atletnya baik maka tidak menutup kemungkinan emas atau juara dalam perhelatan di PON bisa diraih dengan mudah.

“Atlet kita Ikhsan Mabrur Ridho yang turun di kelas E-Putra pada PON Aceh-Sumut nantinya terus melakukan latihan dengan memfokuskan sparring partner dan latihan mandiri, bahkan juga terus memperbaiki mental bertandingnya,” kata Anton.

Porsi latihan mandiri yang diberikan terhadap atletnya yakni setiap harinya adalah fisik, jogging, sparring partner dengan tujuan untuk menambah daya juang si atlet. Kemudian mental, psikologis atlet agar terukur dengan baik.

Tentunya semua yang dilaksanakan tersebut, juga ada evaluasinya sehingga mana saja menjadi kekurangan atlet tersebut tim pelatih dan ofisial nantinya akan memperbaikinya, sehingga hal-hal atlet saat bertanding nantinya benar-benar mengikuti arahan pelatih.

“Evaluasi sangat penting dilaksanakan, jangan sampai kita tidak melakukan evaluasi sehingga kita tidak mengetahui kekurangan atlet kita nantinya,” bebernya.

Anton menegaskan, atletnya saat ini terus diberikan motivasi dalam setiap latihan dan menjaga fisik agar pemusatan latihan provinsi (pelatprov) selama empat bulan tersebut, menjadi maksimal dan baik. Walaupun tantangan berat dalam menghadapi daerah daerah lainya juga tentu melakukan persiapan yang maksimal.

“Selain menambah fisik dan mental, kami juga melakukan porsi latihan yang maksimal agar dapat dilaksanakan dengan baik agar si atlet benar-benar matang dalam menghadapi pertandingan nantinya,” bebernya.

Sementara itu Ketua KONI Kalteng Rahmat Hidayat mengatakan, terus memberikan masukan kepada Satgas dan cabang olahraga dalam upaya menjalankan pelatprov hingga PON nantinya. Termasuk menegaskan dalam kegiatan penganggaran, KONI Kalteng terus melakukan evaluasi dan pemantauan sehingga program yang dijalankan oleh cabang olahraga dapat terealisasi dan tepat.

“Pada intinya anggaran yang diberikan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, itu tepat sasaran serta tidak ada kendala dan potensi bermasalah dikemudian hari. Kami juga mohon doa kepada masyarakat untuk dapat menambah semangat para atlet yang sudah mempersiapkan diri selama ini,” demikian Rahmat Hidayat.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img