Tuesday, April 23, 2024

Ikamba Peringatkan Efek Domino Inflasi Pasca Kenaikan Harga BBM di Banda Aceh

Nukilan.id – Ikatan Mahasiswa Kota Banda Aceh memperingatkan akan bahaya efek domino dari inflasi pasca kenaikan harga BBM yang bakal mempengaruhi kualitas ekonomi di Banda Aceh, apa lagi pasca kenaikan harga BBM di awal bulan September 2022.

Menurut Ketua Umum Ikamba Akbar Anzulai, memang laju inflasi di Kota Banda Aceh per periode Juli-Agustus 2022, mengalami penurunan. Pada bulan Juli tercatat sebesar 0,98 persen, pada bulan ini turun menjadi minus 0,32 persen, penurunan angka ini tergolong masih kecil. Namun yang harus di waspadai ketika naiknya harga BBM di awal bulan September setelah data inflasi di rilis oleh BPS ini bakal membuat kualitas ekonomi di Banda Aceh mengkhawatirkan.

Kami berharap kepada Bapak Pj Walikota Banda Aceh Bakri Siddiq untuk segera berkerja lebih serius dengan melibatkan SKPK dan unsur-unsur strategis lainnya untuk menyiapkan skema dan solusi apabila terjadinya lonjakan harga barang dan kebutuhan pokok di pasar untuk memastikan supply barang dan harga tetap terkontrol dengan baik, saat ini kita ketahui harga barang dan kebutuhan pokok sudah mulai mengalami kenaikan, Pj walikota menurut kami perlu melakukan Operasi Pasar yang benar-benar serius dan objektif, juga menyiapkan skema alternatif lainnya seperti BLT. Ini sangat serius, apalagi sebelumnya, Presiden Joko Widoo menyoroti Aceh saat mengevaluasi inflasi daerah. Aceh menjadi salah satu daerah dengan inflasi paling tinggi, yaitu 6,97 persen. Ditambah lagi dengan kenaikan harga BBM yang disatu sisi sangat kita sayangkan, imbasnya adalah akan terjadi efek domino yang sangat berdampak pada banyak sektor di kehidupan masyarakat.

Penting juga bagi Pj Walikota Banda Aceh Bapak Bakrie Siddiq untuk mengintegrasikan persoalan inflasi ini secara komperhensif dan aktual bersama SKPK dengan kompak, juga unsur eksternal seperti Akademisi, LSM, pengusaha, OKP, ORMAS, dan unsur strategis eksternal lainnya sehingga mendapatkan banyak masukan serta solusi agar Pemerintah dapat mengontrol laju inflasi dan kestabilan harga barang pokok. [Wanda]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img