Sunday, November 27, 2022

IAI Aceh Gelar Berbagai Kegiatan di Hari Apoteker Sedunia

Nukilan.id – Dalam rangka memperingati World Pharmacists Day (WPD) atau Hari Apoteker se Dunia, tidak terkecuali Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) juga merayakannya.

Adapun Ikatan Apoteker Indonesia merayakan puncak WPD dengan acara utama mendeklarasi “Apoteker Indonesia Bersatu dalam Aksi Menuju Dunia yang Lebih Sehat,” serta Dialog Interaktif.

IAI Aceh turut berpartisipasi dalam perayaan ini, dimana perayaan WPD dilaksanakan di seluruh Kabupaten dan Kota se-Provinsi Aceh. Untuk wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, peringatan WPD bertempat Lokasi Car Free Day di Banda Aceh, pada Minggu, (25/9/2022).

Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam peringatan WPD tahun ini, dari mulai senam, edukasi masyarakat hingga pengobatan gratis.

Dalam sambutanya, Ketua Pengurus Daerah IAI Aceh (PD IAI Aceh), apt. Tedy K. Bakri, M.Farm, menyampaikan peringatan Hari Apoteker sedunia tahun 2022 ini, Apoteker harus bersatu dalam aksi untuk dunia yang lebih sehat.

Hal ini, bertujuan untuk menunjukkan dampak positif apoteker terhadap dunia kesehatan di seluruh dunia dan untuk lebih memperkuat solidaritas antar profesi.

Dari perayaan ini, kata Tedy K. Bakri diharapkan rekan-rekan profesi apoteker dapat terlibat dalam kampanye peringatan WPD dan menunjukkan kepada dunia bagaimana apoteker dan semua sektor farmasi bersatu untuk kesehatan, terlepas dari kondisi pandemik yang melanda di tahun-tahun belakangan ini maupun konflik yang ada, serta perbedaan politik, budaya serta kesenjangan ekonomi.

Selain Banda Aceh dan Aceh Besar, rekan-rekan apoteker Aceh lainnya juga melakukan kemeriahan yang sama di daerah tempat mereka mengabdi. PD IAI Aceh juga bekerjasama dengan Sahabat Wanita dan Anak dan Serambi FM, menggelar talkshow dengan tema Keluarga Cerdas Kenali Obat-obatan yang disiarkan langsung di Radio Serambi FM. Sebut Tedy

Rangkaian acara WPD hari ini dimulai dengan senam pagi yang kemudian diikuti dengan senam DAGUSIBU (Dapatkan Gunakan Simpan Buang) yang merupakan salah satu program dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia.

Senam DAGUSIBU yang ditampilkan kali ini sedikit berbeda, karena telah dimodifikasi oleh apt. Megawati dan apt. Novaltria Fadyrin, yang merupakan apoteker Agent of Change binaan Kemenkes dan juga adalah penggiat senam kebugaran.

Menurut apt Megawati dan apt. Novalltria, beberapa gerakan sengaja dimodifikasi untuk mengikuti perkembangan terkini serta agar dapat membuat peserta yang mengikuti senam lebih bersemangat. Setelah senam, acara pada panggung utama diisi dengan talkshow dengan bintang tamu Branch Manager Kimia Farma Apotek, serta kegiatan interaktif lainnya yg melibatkan pengujung yang dimeriahi dengan hadiah menarik.

Selanjutnya, Ketua Pengurus Cabang Banda Aceh (PC IAI Banda Aceh), apt. Khalil Fahmi mengungkapkan bahwa beliau sangat senang dan bangga karena dapat menggelar acara semeriah ini untuk memperingati World Pharmacists Day serta tak lupa berterima kasih kepada para stakeholder dan sponsor yang sudah memberikan dukungan dalam berbagai bentuk.

Adapun beberapa stakeholder dan sponsor yang turut berpartisipasi mendukung acara ini adalah Dinas Kesehatan Aceh, Dinas Kesehatan Aceh Besar, Shajara Medika, Fenolix Aceh, Apotek Kimia Farma, Kimia Farma Trade & Distribution, PT Sapta Sari Tama, PT Rajawali Nusindo, PT Enseval dan PT Anugerah Argon Medika, PT Tempo dan PT Anugerah Pharmindo Lestari.

Adapun rangkaian kegiatan turut dipersembahkan, di panggung utama terus berjalan, para apoteker di booth IAI memberikan pelayanan pemeriksaan gula darah dan tekanan darah gratis, sedangkan apoteker-apoteker lain yang khusus datang untuk memeriahkan acara, terlihat berkeliling mendekati pengunjung yang berada di lokasi car free day untuk memberikan informasi seputar obat diabetes dan TBC. Salah satu pengunjung mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ini, selain mendapatkan informasi tentang obat, mereka juga memperoleh pernak-pernik berisi leaflet, masker, face shield, obat tambah darah, dan Bionicom Zinc. [Wanda]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img