NUKILAN.id | Banda Aceh – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (FEB USK) melalui Departemen Manajemen kembali menunjukkan kiprahnya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dengan menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Buku: Hasil Karya Dosen Departemen Manajemen.
Kegiatan ini berlangsung di Aula Magister Manajemen USK, pada Jum’at (17/10/2025) dan dihadiri oleh sivitas akademika, mahasiswa, serta para dosen dari berbagai bidang ilmu.
Kegiatan diseminasi ini menjadi ruang apresiasi bagi para dosen yang telah menorehkan karya ilmiah dalam bentuk buku, sekaligus wadah untuk berbagi gagasan dan hasil riset kepada masyarakat akademik dan publik luas.
Dua karya utama yang dibedah dalam kegiatan ini adalah buku “Pemasaran Pemerintahan” karya Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE., MBA dan buku “Teori Manajemen Pemasaran Lanjutan” karya Prof. Dr. Mukhlis Yunus, SE., MS..
Acara dibuka dengan sambutan Ketua Jurusan Manajemen FEB USK, Dr. A. Sakir, SE., MM., CFRM, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi langkah awal bagi penguatan budaya literasi akademik di lingkungan fakultas.
“Bedah buku yang kita lakukan hari ini menjadi cikal bakal bagi kegiatan serupa di masa mendatang. Ini merupakan salah satu bentuk penghargaan dan apresiasi kepada para dosen FEB USK yang telah menuangkan isi pikirannya dalam bentuk buku. Melalui kegiatan ini, kita ingin mendorong semangat menulis dan berbagi ilmu, agar hasil pemikiran akademisi dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas,” ujar Dr. Sakir.
Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK, Prof. Dr. Faisal, SE., M.Si., MA, dalam sambutannya menegaskan pentingnya kegiatan ini dalam memperkuat nilai keilmuan dan relevansi universitas terhadap kemajuan masyarakat.
“Program seperti ini sangat penting dan sejalan dengan semangat Kampus Berdampak yang terus kita gaungkan di USK. Melalui karya ilmiah seperti buku, dosen tidak hanya berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga turut memberikan solusi dan inspirasi bagi pembangunan daerah dan bangsa. Kita berharap kegiatan ini berkelanjutan, dan semakin banyak dosen yang termotivasi untuk berkarya,” tutur Prof. Faisal.
Acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan dari para penulis buku.
Dalam pemaparannya, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE., MBA, menjelaskan bahwa buku “Pemasaran Pemerintahan” lahir dari keprihatinan terhadap lemahnya pemahaman konsep pemasaran di sektor publik.
“Selama ini, pemasaran sering dipersepsikan hanya relevan bagi dunia bisnis. Padahal, sektor pemerintahan juga membutuhkan strategi pemasaran yang efektif untuk membangun citra, meningkatkan partisipasi masyarakat, dan memperkuat pelayanan publik,” jelas Prof. Jasman.
Beliau menambahkan bahwa buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pejabat publik, akademisi, dan mahasiswa dalam memahami konsep public marketing yang lebih kontekstual dengan kondisi Indonesia.
Sedangkan Prof. Dr. Mukhlis Yunus, SE., MS., dalam presentasinya menjelaskan bahwa buku “Teori Manajemen Pemasaran Lanjutan” merupakan upaya memperluas pemahaman tentang konsep pemasaran yang terus berkembang seiring dinamika global.
“Buku ini membahas teori-teori manajemen pemasaran modern yang relevan dengan tantangan era digital dan perilaku konsumen masa kini. Kami ingin memberikan perspektif baru yang menggabungkan pendekatan akademik dengan realitas bisnis di lapangan,” ungkap Prof. Mukhlis.
Beliau juga menekankan pentingnya kolaborasi riset dan penulisan buku antar dosen di FEB USK untuk memperkaya khazanah literasi akademik.
Kegiatan ini turut menghadirkan dua narasumber pembedah buku, yaitu Dr. Ir. H. Azwar Abubakar, MM dan Dr. T. Melldi Kesuma, SE., MM. Dalam ulasannya, Dr. Azwar memberikan apresiasi terhadap buku Pemasaran Pemerintahan yang dianggap menghadirkan gagasan baru dan relevan dalam konteks birokrasi modern.
“Konsep pemasaran pemerintahan yang ditulis Prof. Jasman sangat penting, karena membuka paradigma baru bahwa instansi pemerintah juga perlu ‘memasarkan’ program dan kebijakannya dengan cara yang cerdas dan empatik terhadap masyarakat,” ujarnya.
Sementara Dr. T. Melldi Kesuma menilai buku Teori Manajemen Pemasaran Lanjutan sebagai referensi yang kaya secara teoretis sekaligus praktis.
“Buku ini sangat tepat untuk digunakan sebagai bahan ajar dan panduan praktis di dunia bisnis. Penulis berhasil menghubungkan teori klasik dengan fenomena pemasaran digital dan perilaku konsumen modern,” ungkapnya.
Suasana kegiatan berlangsung hangat dan interaktif, dengan berbagai pertanyaan, diskusi, dan masukan dari peserta yang menunjukkan antusiasme tinggi terhadap karya-karya akademik dosen FEB USK.
Melalui kegiatan ini, Departemen Manajemen FEB USK berharap tradisi penulisan buku akademik dapat terus berkembang dan menjadi bagian penting dari budaya akademik kampus. Selain menjadi sarana berbagi ilmu, kegiatan seperti ini juga menjadi upaya nyata dalam mewujudkan misi USK sebagai universitas yang unggul, mandiri, dan berdampak bagi masyarakat.