Wednesday, December 7, 2022

Dinkes Aceh Beri Layanan Kesehatan Spesialis di Daerah Pedalaman dan Terpencil

Nukilan.id – Dinas Kesehatan Aceh, RSUZA, RSIA, Dinas Kesehatan Aceh Timur, RSU Peureulak, dan wakil dari Fakultas Kedokteran USK melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk pemberian layanan kesehatan spesialis yang gratis pada warga Aceh di Gampong Melidi dan Gampong Pante Kera Kecamatan Simpang Jernih Aceh Timur yang merupakan daerah pedalaman dan terpencil yang selama ini sangat sulit mendapat akses pada layanan kesehatan spesialis sejak tanggal 25-30 September 2022.

Kadis Kesehatan Aceh, dr. Hanif menyebutkan, kegiatan ini sebagai bentuk perhatian dari pemerintah Aceh kepada seluruh warganya meski berada pada daerah yang sangat sulit dijangkau sekalipun.

“Layanan kesehatan spesialis tersebut terdiri dari spesialis THT, Anak, Kandungan, Penyakit Dalam, Gigi dan layanan kesehatan umum,” sebutnya.

Kata dia, antusiasme warga yang mendapat layanan juga tidak terbatas kedua warga Gampong tersebut, bahkan diikuti oleh warga Tampur dari Kabupaten Gayo Lues.

dr. Hanif menambahkan bahwasanya sebelum tutup tahun 2022 berakhir pihaknya akan mengupayakan dua kegiatan yang sama, yakni Manggamat Kabupaten Aceh Selatan dan Pulau Aceh Kabupaten Aceh Besar dengan tim yang sama, tapi juga membuka peluang bagi perusahaan dan privat sektor lainnya untuk terlibat turut serta.

Dalam kesempatan sama, Akademisi Universitas Syiah Kuala (USK), Dr. Nasrul Zaman, ST, M.Kes yang ikut dalam kegiatan tersebut menambahkan, kalau aktifitas ini juga sebagai bentuk keadilan pembangunan dari pemerintah Aceh yang bisa dirasakan warga masyarakat dimana pun berada khususnya dalam layanan kesehatan.

“Kegiatan seperti ini harus mendapat dukungan dari semua pihak dan dapat diupayakan untuk ditambah kuantitas dan periodesasinya,” pungkas Dr. Nasrul. []

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img