Thursday, March 28, 2024

BI Aceh: Keyakinan Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi Menguat pada Maret 2022

Nukilan.id – Survei Konsumen Bank Indonesia se-Provinsi Aceh mengindikasikan bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi menguat pada bulan Maret 2022.

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani dalam keteranganya kepada Nukilan, Sabtu (19/3/2022).

“Itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) bulan Maret 2022 sebesar 110,0 atau lebih tinggi dibandingkan 107,9 pada Februari,” ujarnya.

Berdasarkan hasil survei, penyebab meningkatnya IKK Maret 2022 bersumber dari salah satu indeks pembentuk IKK yaitu Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) sebesar 97,4 atau naik dibandingkan IKE bulan sebelumnya sebesar 92,3.

“Membaiknya IKE dipengaruhi oleh keyakinan konsumen yang meningkat terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja saat ini serta pembelian durable goods,” sambung Achris.

Lebih lanjut, Achris menuturkan bahwa, konsumen mempersepsikan kondisi ekonomi saat ini membaik seiring dengan menurunnya kasus omicron dan kebijakan pelonggaran aturan perjalanan sejak awal Maret 2022.

Di sisi lain, kata dia, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) tercatat 122,7 atau melambat dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 123,5. Melambatnya IEK terutama dipengaruhi oleh persepsi perkembangan kegiatan usaha yang dikhawatirkan tertahan pada periode 6 bulan mendatang. Secara rinci, penurunan IEK terutama terjadi pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp4-5 juta per bulan, dengan usia antara 30-40 tahun.

Untuk diketahui, survei Konsumen merupakan survei bulanan yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe.

Survei dilaksanakan terhadap 350 rumah tangga sebagai responden (stratified random sampling) di Kota Banda Aceh dan Kota Lhokseumawe. Indeks dihitung berdasarkan metode balance score (net balance + 100) yang menunjukkan bahwa jika indeks di atas 100 berarti optimis dan di bawah 100 berarti pesimis.

Hasil Survei Konsumen ini diharapkan dapat menjadi instrumen pendukung untuk memprakirakan pertumbuhan ekonomi yang tercermin dari korelasi IKE terhadap pertumbuhan Konsumsi Rumah Tangga (RT) pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Adapun korelasi antara IKE dan pertumbuhan PDRB Konsumsi RT sebesar 0,68. []

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img