NUKILAN.ID | BANDA ACEH – Sebanyak 78 warga Kabupaten Aceh Jaya mengikuti layanan perdana Eazy Passport yang digelar di ruang pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat pada 9–10 Juli 2025.
Layanan ini merupakan hasil kolaborasi antara DPMPTSP Aceh Jaya dan Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Meulaboh. Mengusung konsep “jemput bola”, Eazy Passport menghadirkan pelayanan paspor di luar kantor imigrasi dengan memanfaatkan mobil layanan keliling.
Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Jaya, Teuku Reza, menyambut baik pelaksanaan layanan perdana ini dan menilai kehadiran Eazy Passport sangat membantu masyarakat yang selama ini harus ke Meulaboh untuk mengurus paspor.
“Kita ucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Meulaboh, dan kepada DPMPTSP Aceh Jaya atas kolaborasinya. Selama ini masyarakat harus ke Meulaboh untuk membuat paspor. Adapun di bawah kepemimpinan Bupati-Wakil Bupati Aceh Jaya, Safwandi dan Muslem, sekarang telah hadir inovasi yang memudahkan masyarakat. Melalui transformasi digital, kita berharap kerja sama ini terus berlanjut agar pelayanan publik dapat semakin mudah,” ujar Teuku Reza saat meninjau langsung pelayanan pada Rabu (9/7/2025).
Untuk membuat paspor baru, warga cukup membawa KTP, Kartu Keluarga, dan salah satu dokumen pendukung seperti akta kelahiran, buku nikah, atau ijazah. Sedangkan untuk penggantian paspor, hanya dibutuhkan KTP dan paspor lama.
Kepala Seksi Dokumen dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Meulaboh, Taufan Taufiq, mengatakan layanan Eazy Passport dapat digelar apabila terdapat minimal 50 pendaftar.
Sementara itu, Kepala Dinas DPMPTSP Aceh Jaya, Rahmad Fuadi, menegaskan pihaknya akan terus mendukung program-program yang mendekatkan layanan kepada masyarakat melalui kolaborasi lintas instansi.
“Pelayanan Eazy Passport ini merupakan bagian dari upaya peningkatan layanan kepada masyarakat yang sejalan dengan visi kepala daerah. Meski hari ini terjadi pemadaman listrik di Krueng Sabee sejak pagi hingga sore, kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala PLN ULP Calang, Fajar Ramadhan, atas bantuannya menyediakan genset, sehingga pelayanan tetap berjalan lancar,” ucap Rahmad.
Pemerintah daerah berharap program ini dapat dilaksanakan secara berkala, guna memperluas jangkauan layanan administrasi keimigrasian dan meningkatkan kemudahan akses bagi warga di pelosok.
Editor: Akil