Komunitas Seni KEBAS Banda Aceh akan Pentaskan Teater “Senja”

Share

Nukilan.id – Komunitas Seni KEBAS Banda Aceh akan mengadakan pementasan teater berjudul “Senja” di Gedung Tertutup Taman Seni dan Budaya Aceh, Sabtu (26/10/2024) pukul 20.30 WIB.

Pementasan teater “Senja” ini disutradarai oleh Zulfikar Kirbi dan penulis naskahnya Dede Nasmawati. Aktor dan aktrisnya terdiri dari Riza Sachfan, Dede Sachfan, Cut Ratna, Faisal Amir, Iqbal Croots, dan Rifkah Basyirah.

“Senja” menceritakan tentang orang tua yang didamparkan di panti jompo dan menjalani hari-hari dalam kesepian, jauh dari Bahagia seakan dibuang oleh anak-anaknya. Namun masih ada harapan lain di balik keputusasaan di mana cinta menyala di saat usia kian senja.

Penulis naskah, Dede Nasmawati mengatakan naskah lakon “Senja” ini terinspirasi ketika dia masih berdomisili di Jakarta. Saat itu dia melihat para lansia yang jauh dari keluarga.

“Seperti diberi tantangan kepada saya. Komunitas Seni KEBAS yang baru-baru ini kami bangun bersama harus memproduksi lakon drama dengan naskah yang saya tulis,” ujar Dede dalam keterangannya kepada Nukilan, Kamis (17/10/2024).

Sementara sutradara “Senja”, Zulfikar Kirbi menyebutkan setelah membaca naskah lakon dari Dede, dia merasa senang karena penulis naskahnya adalah seorang perempuan dan siap menyutradarai pementasan teater tersebut.

“Saya tidak punya alasan menolaknya. Kami berdiskusi di setiap pertemuan, membedah naskah, dan memilih akor dan aktris untuk terlibat dalam naskah lakon “Senja” ini,” kata Zulfikar.

Pementasan “Senja” dibuka untuk umum. Melalui pementasan ini, kata Zulfikar, penonton akan dihadapkan dengan realitas kehidupan yang selama ini sering luput dari perhatian, seperti orang tua yang tinggal di panti jompo. []

Reporter: Sammy

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Read more

Local News