Soekarno-Hatta: Bandara Tersibuk di ASEAN

Share

NUKILAN.id | Tangerang – Bandara Internasional Soekarno-Hatta kembali membuktikan dirinya sebagai bandara tersibuk di Asia Tenggara, bahkan masuk dalam jajaran bandara terbaik dunia. Menurut laporan OAG Aviation Worldwide Limited, lembaga intelijen perjalanan berbasis di London, kapasitas kursi penerbangan di Soekarno-Hatta mencapai 3,34 juta kursi pada April 2024.

Jumlah ini menjadikan Bandara Soekarno-Hatta unggul di antara bandara-bandara lain di ASEAN. Tidak hanya soal kapasitas, aktivitas di bandara ini juga semakin sibuk dari hari ke hari. Pada Senin, 14 Oktober 2024, Nukilan.id mengunjungi bandara ini dan menyaksikan sendiri betapa ramainya suasana di terminal-terminal keberangkatan dan kedatangan.

Dari pagi hingga malam, terminal dipenuhi penumpang yang berseliweran. Ada yang sibuk mencari gerbang keberangkatan, ada pula yang baru tiba setelah perjalanan panjang. Tak sedikit yang sedang transit, menunggu penerbangan lanjutan menuju destinasi lain. Petugas keamanan dan bandara terlihat terus sigap mengatur arus lalu lintas penumpang di setiap terminal.

Seorang penumpang asal Surabaya, Rina Wijayanti, yang hendak terbang ke Singapura, mengungkapkan pengalamannya saat ditemui di Terminal 3.

“Saya sering terbang dari sini, dan belakangan ini memang lebih ramai dari biasanya. Mungkin karena jadwal penerbangan semakin padat, jadi bandara terasa lebih hidup,” katanya kepada Nukilan.id, Senin (14/10/2024).

Tak hanya di terminal keberangkatan, suasana sibuk juga terlihat di area kedatangan. Banyak penumpang yang baru tiba tampak kelelahan, tetapi lega setelah mendarat di Jakarta. Hendra Gunawan, seorang penumpang dari Medan, mengaku terkesan dengan pelayanan di bandara ini.

“Meski ramai, pelayanannya cukup cepat. Saya tidak perlu menunggu lama untuk mengambil bagasi,” katanya.

Sebagai bandara kebanggaan Indonesia, Soekarno-Hatta menjadi wajah dari dinamika industri penerbangan di Tanah Air. Dengan terus tumbuhnya jumlah penumpang dan peningkatan kualitas pelayanan, bandara ini siap menorehkan prestasi lebih besar di masa mendatang. (XRQ)

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Read more

Local News