11,3 Ha Lahan di Aceh Barat Hangus Terbakar akibat Karhutla

Share

Nukilan.id – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Aceh Barat sejak beberapa hari terakhir semakin meluas. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Teuku Ronald Nehdiansyah, menyebutkan sejauh ini karhutla telah menghanguskan lahan seluas sekitar 11,3 hektare (ha).

Ronald mengatakan, Kecamatan Meureubo menjadi Kawasan yang paling parah terdampak karhutla di mana luas lahan yang terbakar di kecamatan ini mencapai enam ha, tepatnya berada di Gampong Peunaga CUt Ujong. Sementara lahan seluas lima ha yang terbakar berada di Kecamatan Bubon. Beberapa kecamatan lainnya, yaitu Johan Pahlawan, Kaway XVI, Woyla Barat, Samatiga, Panton Reu, dan Arongan Lambalek juga berdampak akibat karhutla ini.

Beberapa gampong yang paling parah terdampak yaitu Gampong Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo; Gampong Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan; Gampong Blang Cot Mameh, Kecamatan Woyla Barat; dan Gampong Suak Pangkat, Kecamatan Bubon.

“Kondisinya saat ini di Desa Peunaga Cot Ujong sudah tidak ada api, di jalan lingkar UTU sedang dalam penanganan dan sudah padam 50 persen, di Desa Suak Nie juga sudah tertangani 100 persen,” ujar Teuku Ronald dalam keterangan tertulis, Kamis (25/7/2024).

Dia menambahkan, untuk dua titik api di Gampong Leuhan satunya sudah 95 persen padam, dan lainnya baru mencapai 50 persen. Sedangkan titik api yang ada di Gampong Seuneubok sudah padam total.

BPBD Aceh Barat, kata Ronald saat ini Bersama beberapa pihak lainnya dan dibantu masyarakat setempat masih berupaya memadamkan api di lokasi yang masih terbakar. Pihaknya telah mengerahkam sebanyak lima unit mesin air portable, tiga unit mobil double cabin, dua unit mobil pikap, enam unit armada samkar dan satu unit drone. []

Reporter: Sammy

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Read more

Local News