Wednesday, October 5, 2022

5 Sunnah Nabi Muhammad SAW yang Terbukti Secara Ilmiah

Nukilan.id – Beberapa sunnah Nabi Muhammad SAW telah dibuktikan secara gamblang melalui sains. Rasulullah SAW telah menyampaikan risalah ini selama jauh-jauh hari, dan kini terdapat pembuktiannya oleh sejumlah pakar.

Dikutip dari laman Mawdoo3 pada Ahad (14/2), berikut beberapa sunnah Nabi Muhammad yang benar dan terbukti lewat penelitian antara lain sebagai berikut:

1. Mencelupkan lalat. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda: 

إذا وقعت الذّباب في إناء أحدكم فليغمسه ثمّ ينزعها، فإنّ في إحدى جناحيها داء وفي الآخر دواء “Apabila lalat jatuh di bejana salah satu di antara kalian maka celupkanlah karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya terdapat obat penawarnya.”

Baca juga: Menulis Catatan Hidup Sehari-hari Bisa Menyehatkan Mental

Dokter dari Australia telah melakukan penelitian terkait lalat, dia menemukan bahwa permukaan tubuh lalat terdapat antibiotik. Dan cara terbaik untuk mendapatkan zat antibiotik adalah dengan mencelupkannya ke dalam air.

2. Peringatan akan obesitas

Rasulullah telah memperingatakan perihal makanan. Peringatan ini dapat dikerjakan bagi manusia agar menghindari obesitas. Rasulullah menyampaikan: 

ما ملأ ابن آدم وعاءً شراً من بطنه “Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut.” 

Beliau juga menjelaskan mengenai porsi pemberian nutrisi yang tepat sebagaimana sabdanya berikut: 

بحسب ابن آدم لقيمات يقمن صلبه فإن كان لا بد فاعلاً، فثلث لشرابه، وثلث لطعامه، وثلث لنَفَسه  “…hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernapas.”

Baca juga: Pahala Sholat Berjamaah di Rumah Sama dengan di Masjid?

3. Wabah dan karantina

Apabila terjadi wabah di suatu negeri, Rasulullah telah menyampaikan tindakan yang seharusnya dilakukan para penduduknya. Rasulullah  bersabda: 

إذا سمعتم به في أرضٍ فلا تدخلوا عليها، وإذا كان بأرض وأنتم فيها فلا تخرجوا منها

“Apabila kamu mendengar wabah berjangkit di suatu negeri, janganlah kamu datangi negeri itu. Dan apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, maka janganlah keluar dari negeri itu karena hendak melarikan diri.” 

4. Manfaat siwak

Rasulullah senantiasa menggunakan siwak dalam membersihkan area mulut. Dan siwak dalam pengobatan modern terbuti memiliki antibodi alami untuk melawan bakteri penyebab kerusakan gigi.

5. Khitan 

Salah satu sunnah fitrah yakni dengan melakukan khitan. Adalah dengan memotong kelebihan kulit dari alat kelamin bayi baru lahir. Sunnah ini juga memiliki keajaiban ilmiah. Dokter meneankan pentingnya melakukan sunat agar mencegah penyakit seksual, seperti AIDS dan perlindungan dari kanker [Republika.co.id]

Baca juga: Sana Khan, Hijrah dari Dunia Hiburan setelah Dinikahi Ulama

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here