Sunday, July 14, 2024

49 Pejabat Lolos Seleksi Administratif untuk JPT Pratama di Aceh Barat

NUKILAN.id | Meulaboh – Sebanyak 49 pejabat berhasil lolos seleksi administratif untuk mengisi posisi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat. Dari total 53 pendaftar, empat orang tidak memenuhi persyaratan administratif yang ditentukan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Aceh Barat, Nyak Na, SE, MEc Dev, pada Minggu (16/6/2024) mengungkapkan bahwa nama-nama yang lolos adalah hasil seleksi tim panitia seleksi (Pansel) yang terdiri dari para ahli di bidangnya, baik dari level provinsi maupun kabupaten.

“Proses pemeriksaan berkas dilakukan selama dua hari, pada 12-13 Juni 2024,” ujar Nyak Na.

Para peserta yang lolos seleksi administratif diberikan kesempatan untuk memilih dua posisi JPT Pratama. Mereka juga diwajibkan membuat dua makalah terkait dua posisi yang diminati. Tahapan selanjutnya adalah asesmen center yang akan berlangsung pada 23 hingga 26 Juni, diikuti penulisan makalah pada 27-28 Juni. Presentasi dan wawancara bidang akan dilaksanakan pada 2-4 Juli 2024, serta rekam jejak dan presentasi akhir pada 6 Juli. Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 7 Juli 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi, menegaskan bahwa hasil seleksi merupakan kewenangan mutlak dari Tim Pansel.

“Mereka adalah sosok-sosok yang benar-benar menguasai bidang seleksi yang ada. Jadi, kita serahkan kepada mereka sepenuhnya, dan tidak ada serta jangan coba-coba intervensi sedikitpun kepada tim, termasuk oleh saya sendiri,” tegas Mahdi.

Mahdi juga menekankan pentingnya proses seleksi yang fair dan profesional untuk menghasilkan pejabat yang kompeten. “Kami ingin bermain fair serta berupaya menghasilkan yang terbaik. Ya, profesional dan kompeten di bidangnya. Pihak atasan di Jakarta juga menyatakan demikian,” tambahnya.

Berikut adalah posisi JPT Pratama yang dilelang di Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat:

1. Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh, dan Kesejahteraan Rakyat.
2. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
3. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
4. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
5. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong.
6. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian.
7. Kepala Dinas Pangan.
8. Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah.
9. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga.

Denganaceh barat,  tahapan seleksi yang ketat dan transparan ini, diharapkan Kabupaten Aceh Barat dapat memperoleh pejabat yang memiliki kompetensi dan integritas tinggi untuk mengemban tugas dan tanggung jawab di masing-masing posisi JPT Pratama yang tersedia.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img