Tuesday, April 30, 2024

Momen Langka, Bendera Merah Putih Berkibar di Tiananmen Beijing

Nukilan.id – Bendera Merah Putih tampak berkibar di Istana Kota Terlarang dan Lapangan Tiananmen, Beijing, saat Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke China, Selasa (26/7).

Merah-Putih bersanding dengan bendera nasional China di dua ikon wisata utama di China itu yang terletak tepat di titik nol kilometer Ibu Kota Beijing.

“Ini salah satu bentuk dukungan kami terhadap kerja sama China dengan Indonesia yang berjalan semakin baik,” kata seorang perwira polisi yang bertanggung jawab atas keamanan Istana Kota Terlarang-Tiananmen.

Kunjungan Jokowi ke Beijing dilakukan atas undangan Presiden China Xi Jinping.

Jokowi adalah salah satu di antara sangat sedikit kepala negara atau kepala pemerintahan yang mengadakan kunjungan kenegaraan selama pandemi Covid-19. Ia juga menjadi pemimpin asing pertama yang berkunjung ke China sejak Februari lalu.

Pengibaran bendera Merah Putih di Istana Kota Terlarang dan Tiananmen juga merupakan kejadian langka.

Bendera Indonesia itu berkibar di saat momen liburan sekolah akhir semester bersamaan dengan liburan musim panas di China. Ini menjadikan Istana Kota Terlarang dan Lapangan Tiananmen dipadati ribuan wisatawan sejak pagi hingga sore hari.

Presiden Jokowi beserta istri Iriana Jokowi dan jajaran kabinetnya tiba di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing (BCIA) pada Senin pukul 21.30 waktu setempat (20.30 WIB).

Presiden RI juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Xi dan Perdana Menteri Li Keqiang pada Selasa sore di gedung tamu kenegaraan Diaoyutai, Beijing.

Kunjungan tersebut dilakukan melalui mekanisme lingkaran tertutup (close loop), mengingat China masih menerapkan kebijakan nol kasus Covid-19. [CNN]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img