Friday, March 29, 2024

STY Beri Masukan ke Jokowi demi Perkembangan Sepak Bola Tanah Air

Nukilan.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyebut pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong memberi beberapa saran untuk Presiden RI Joko Widodo demi perkembangan sepak bola Tanah Air.

Amali menyatakan perbincangan Jokowi dan Shin terjadi di Korea Selatan dalam rangkaian kunjungan kerja ke Asia Timur pada akhir Juli 2022.

“Pada saat Bapak Presiden di Korea, Coach Shin Tae Yong sedang berada di sana kemudian diundang makan malam. Kemudian ada obrolan. Kemudian ditanya Bapak Presiden apa yang kamu butuhkan yang paling mendasar,” kata Amali dikutip dari Antara.

Rencana pembangunan pusat pelatihan sepak bola di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan hasil dari masukan Shin kepada Jokowi.

“Beliau [Shin Tae Yong] sampaikan Indonesia tidak punya training camp, jadi kalau main masih menumpang di stadion-stadion dan menunggu jadwal, itu tidak baik untuk pembinaan. Maka Pak Presiden [bilang] oke, saya siapkan,” ucap Amali.

“Beliau (Presiden Jokowi) sampaikan kalau ada calon atau tempat lain silakan siapkan, tapi kalau tidak ada, ada lahan di IKN,” lanjutnya menambahkan.

Menpora menegaskan kembali bahwa baik dirinya maupun Ketum PSSI menyambut positif rencana pembangunan pusat pelatihan sepak bola di IKN Nusantara, sebab hal itu menjadi salah satu kelemahan pembinaan olahraga sepak bola di Indonesia.

Menpora mengaku telah menyampaikan surat terkait rancangan dan rincian rencana pembangunan pusat pelatihan sepak bola melalui Sekretariat Presiden.

“Itu sedang dipertimbangkan. Tentu ya, tetapi kita menunggu saja, sebab nanti kalau itu oke yang mengerjakan bukan kita, bukan PSSI, tetapi Kementerian PUPR,” jelas Amali.

Menurut Menpora dalam surat tersebut tercantum desain lapangan-lapangan yang akan dibangun serta arena utama yang mungkin bisa dipakai sebagai lokasi pertandingan tim nasional.

“Dan kemungkinan kantor federasi [PSSI] juga akan di sana. Karena kalau kita pindah ke IKN maka ketentuan federasi internasional itu bahwa federasi nasional itu harus ada di ibu kota negara,” ujarnya.

Menurut Menpora pemerintah akan membangun berbagai fasilitas olahraga di IKN Nusantara, baik itu fasilitas utama maupun fasilitas pendukung secara lengkap.

Langkah itu ditempuh berkenaan dengan rencana Indonesia maju dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade 2036. [CNN]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img