Friday, April 19, 2024

SP3 BLBI, Eks Pimpinan KPK: Selamat Kepada Jokowi

Nukilan.id – Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo terkait terbitnya SP3 untuk kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Pasalnya, SP3 pertama dalam sejarah KPK itu tidak mungkin lahir tanpa kontribusi Jokowi.

“Ucapan sukses besar bagi pemerintah Jokowi yang merevisi UU KPK yang disetujui DPR juga parpol-parpol yang bersangkutan. Itulah penerapan kewenangan menerbitkan SP3 oleh KPK wajah baru,” ujar Busryo saat dihubungi, Jumat (2/4/2021).

Menurut Busyro, pelemahan KPK melalui UU KPK baru, kini terbukti dengan lepasnya kasus megakorupsi BLBI. Apalagi, korupsi BLBI disinyalir merugikan keuangan negara Rp 4,58 triliun.

“Harus saya nyatakan dengan tegas dan lugas bahwa itu bukti nyata tumpul dan tandusnya rasa keadilan rakyat yang dirobek-robek atas nama Undang-undang KPK,” ujarnya..

Sebagai bekas pimpinan KPK yang pernah mengusut kasus ini, Bistro menilai kasus BLBI merupakan skandal megaperampokan yang pelik, berliku, licin, dan panas. Secara politik juga penuh intrik, yang sudah mulai diurai oleh KPK rezim.

“UU KPK lama begitu diluluhlantakkan dan punah total dampak langsung dominasi oligarki politik melalui UU,” tambahnya.

Meski demikian, Busyro mengharapkan, Presiden Joko Widodo bersedia mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) terkait UU KPK Nomor 19 Tahun 2019. Atau di sisi lain setidaknya Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan uji materi atau judical review (JR) atas UU KPK tersebut.

“Jika memang masih memerlukan kejujuran mengelola bangsa ini, kami tunggu Perppu dari Istana dan juga putusan MK atas sejumlah permohonan JR pihak terhadap UU KPK hasil revisi. Di titik inilah, kami kiranya cukup melihat legitimasi politik dan moral presiden dan hakim-hakim MK,” jelasnya.[jpnn]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img