Thursday, April 18, 2024

SBMPTN Akan Ditutup, Rektor USK Minta Segera Daftar

Nukilan.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bakal ditutup Kamis mendatang. Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh meminta lulusan SMA sederajat segera mendaftar.

“Ini salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang harus kalian manfaatkan sebaik mungkin,” kata Rektor USK Prof. Samsul Rizal dalam keterangan kepada wartawan, Senin (29/3/2021).

Prof Samsul mengatakan, berdasarkan data masuk ke Panitia Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) USK, jumlah pendaftar SBMPTN di USK hingga hari ini baru mencapai 7.645 peserta. Jumlah tersebut masih tergolong sedikit bila dibandingkan jumlah pendaftar SBMPTN pada tahun sebelumnya.

“Jadi jangan menunda lagi, jika sudah mantap dengan pilihan program studi dan PTN maka segeralah mendaftar jalur SBMPTN ini,” tegas Samsul.

Ia meminta siswa yang mendaftar agar menyimpan data secara permanen serta menyelesaikan pendaftaran hingga mencetak kartu ujian. Pendaftaran dianggap sah bila peserta telah melakukan semua proses tersebut.

Selain itu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuat aturan pembatasan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Peserta SBMPTN wajib memilih pusat UTBK yang lokasinya dekat dengan domisili siswa.

Untuk Provinsi Aceh, pusat UTBK tersebar di lima perguruan tinggi yaitu Universitas Samudra (UNSAM) Langsa, Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Lhokseumawe, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh Besar, Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh dan USK.

“Dengan waktu pendaftaran yang kian sempit, maka peserta diminta untuk tidak menunda lagi proses pendaftarannya. Hal ini juga untuk mengantisipasi apabila terjadinya gangguan traffic pada website di hari terakhir,” jelas Prof Samsul.

Tahun ini USK menyediakan kuota untuk jalur SBMPTN sebesar 45% atau 3.427 mahasiswa. Sementara untuk dua jalur lainnya yaitu Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 25% atau 1.907 mahasiswa, dan Seleksi Mandiri sebesar 30% atau 2.286 mahasiswa.

Untuk informasi lebih lanjut terkait proses seleksi masuk perguruan tinggi ini, peserta dapat melihatnya di website resmi LTMPT. Apabila ada kendala selama proses pendaftaran SBMPTN atau lainnya dapat menghubungi helpdesk LTMPT, atau Humas USK pada nomor 08116752000.[]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img