Saturday, April 20, 2024

Sambut Maulid Nabi, Dayah Sufi Muda Nagan Raya Bakar 1000 Lemang

Nukilan.id – Menyambut 12 Rabi’ul Awal, Dayah Sufi Muda Nagan Raya menggelar Maulid Akbar 1000 lemang, Sabtu (8/10/2022).q

Maulid yang dikuti ribuan jamaah ini adalah perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diisi dengan acara yang unik yaitu membakar 1000 lemang.

Peserta yang mengikuti acara ini adalah seluruh jamaah tarekat Naqsabandiyah Al Khalidiyah murid dari Abuya Sayyidi Syekh Ahmad Sufi Muda yang datang dari 23 Kabupaten/Kota di Aceh, juga dari luar Aceh, seperti Sumatera Utara, Binjai, Siantar, Tapanuli Utara, Lombok Barat, Kota Pariaman, Solo, Bangka Belitung, Kalimantan Selatan, Jakarta dan Malaysia

Saifundi, Ketua Panitia Maulid Akbar menyampaikan, peserta yang mengikuti acara maulid akbar 1000 lemang ini dibagi dalam 7 kontingen, yaitu kontingen 1: Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, Medan, Bogor, Binjai, Siantar, Tapanuli Selatan, Jakarta, Malasyia.

Kontingen 2: Banda Aceh, Aceh Besar Sabang, Kendari, Kolaka. Kontingen 3: Aceh Jaya. Kontingen 4: Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Subulusalam, Aceh Singkil, Aceh Tenggara.

Kemudian, kontingen 5: Nagan Raya, Lombok Barat. Kontingen 6: Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Utara, Bireun, Lhok Seumawe, Pidie Jaya, Pidie, Bangka Belitung. Terakhir, kontingen 7: Aceh Barat, Sinabang.

Masing-masing peserta membawa sendiri semua keperluan untuk bakar lemangnya, seperti buluh (bambu) dan lain-lain, sehingga lemang yang dibakar berjumlah 1000 lemang.

“Semuanya sangat bersemangat, ini lah bentuk kegembiraan kita dalam merayakan kelahiran Rasulullah, Nabi Muhammad SAW,” ungkap Saifundi.

Selain itu, kata dia, kenapa pilihannya lemang?, karena lemang ini adalah representasi dari syariat, tarekat, hakikat dan makrifat, kesemuanya saling berkaitan, dimana jika salah satu unsur tidak ada, maka lemangnya tidak akan jadi.

Buluhnya saja, tanpa dibalut dengan daun pisang, diisi beras dan kemudiaan santan, maka tidak akan berarti apa-apa, tidak akan jadi lemangnya.

“Belum lagi kita bicarakan terkait tata cara membuatnya tentu lebih dalam lagi. Lemang juga punya pesan dan filosofi yang mendalam yaitu kesabaran, kebersamaan dan kekompakan, tiga nilai yang sangat penting bagi manusia,” ujar Saifundi.

Puncak acara maulid 1000 lemang ini ditutup dengan pembacaan marhaban dan makan bersama bu kulah (nasi yang dibungkus dengan daun pisang) dan kuah beulangong. []

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img