Friday, March 29, 2024

Prof Marwan Terpilih Sebagai Rektor USK Periode 2022-2026

Nukilan.id – Wakil Rektor I USK, Prof. Dr. Ir. Marwan berhasil terpilih sebagai Rektor Universitas Syiah Kuala untuk periode 2022 – 2026. Keputusan tersebut berdasarkan hasil Rapat Senat Tertutup dalam rangka pemilihan Rektor USK yang dilasanakan pada Senin (24/01/2022) siang di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh.

Dari hasil rekapitulasi suara yang dilansir situs Unsyiah.ac.id, Prof. Marwan berhasil meraih suara terbanyak yaitu 118 suara. Sedangkan calon lainnya yaitu Dr. Ir. Mirza Irwansyah, MBA meraih 18 suara dan Dr. Ir. Iskandar A. Gani, SH., M.Hum sebanyak 10 suara.

Ketua Senat USK Prof. Dr. Ir. Abubakar, M.S mengatakan dalam proses pemilihan Rektor ini, suara Senat USK adalah 65% dan 35% lainnya adalah suara menteri. Seluruh anggota Senat yang jumlahnya 95 orang hadir dalam pemilihan Rektor ini.

Sedangkan Menteri Nadiem Makarim tidak dapat hadir, sehingga suaranya disampaikan kepada penerima kuasa yaitu Direktur Sumber Daya Manusia Ditjen Diktiristek Dr. Muhammad Sofwan Efendi.

Pada kesempatan ini, Abubakar juga mengucapkan terima kasih kepada anggota Senat USK yang telah bersedia hadir, dan menggunakan hak suaranya dengan penuh integritas.

“Alhamdulillah, seluruh proses pemilihan Rektor ini telah berjalan lancar. Hasilnya, Prof. Marwan terpilih sebagai Rektor USK selanjutnya,” ucap Abubakar seusai menutup Rapat Senat Tertutup tersebut.

Selanjutnya, hasil pemilihan ini akan disampaikan kepada pihak Kementerian untuk dapat persetujuan dan pengangkatan sebagai Rektor terpilih.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU.,ASEAN.,Eng yang turut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan selamat kepada Prof. Marwan, yang telah dipercaya untuk melanjutkan estafet kepemimpinnya. Rektor juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota Senat USK, yang telah melaksanakan proses pemilihan Rektor ini dengan baik dalam lima bulan terakhir ini.

Untuk itulah, dalam kesempatan ini Rektor mengajak seluruh anggota Senat serta tiga calon Rektor USK untuk kembali mengeratkan semangat kebersamaan untuk kemajuan USK selanjutnya.

“Kita patut bersyukur seluruh proses pemilihan ini berjalan lancar dan tidak ada gesekan. Walaupun pilihan kita berbeda namun, kita masih dalam satu semangat bersama,” ucap Rektor.

Untuk diketahui, saat ini Prof. Marwan menjabat sebagai Wakil Rektor I USK. Dosen Teknik Kimia USK ini menyelesaikan program sarjananya di Fakultas Teknik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya pada tahun 1990. Ia kemudian mendapatkan beasiswa dan berhasil meraih gelar doktor (Ph.D)-nya untuk bidang Teknik Kimia di University of Birmingham, pada tahun 1998 Inggris.

Selain itu, Prof. Marwan juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik USK untuk periode tahun 2009–2013. Di tingkat nasional Marwan pernah menjadi Anggota Majelis Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2006–2012. Sementara di daerah, Ia pernah menjadi Ketua Komisi Pendidikan Tinggi Majelis Pendidikan Daerah Aceh pada tahun 2013–2016. []

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img