Saturday, April 20, 2024

PLA Tetapkan Gampong Blang Krueng, Pilot Project “Geurakan Bek Beuo“

Nukilan.id – Peers Lighter Association (PLA) memilih Gampong Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar dipilih sebagai pilot project Geurakan Bek Beuo (GBB) tahun 2021. Program ini akan berlangsung selama 2 (dua) bulan terhitung mulai tanggal 16 Oktober sampai dengan 15 Desember 2021 mendatang.

Keuchik Gampong Blang Krueng, H. Nasruddin bersama pembina Peers Lighter Association (PLA) Prof. Eka Srimulyani secara resmi me-launching “Geurakan Bek Beuo“ (GBB) di Gampong Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Sabtu (16/10/2021).

Disela-sela kegiatan launching Prof. Eka Srimulyani dalam sambutannya mengatakan, “Gerakan Bek Beuo merupakan upaya inovatif yang dilakukan oleh mahasiswa dan para relawan yang bergabung dalam PLA dalam mengatasi berbagai persoalan dan menjadi jawaban terkait dengan dampak Pandemi COVID-19 seperti permasalahan perekonomian, pendidikan dan kehidupan sosial masyarakat,” yang bertempat  di Kantor Keuchik Gampong Blang Krueng.

Program GBB merupakan “upaya untuk mewujudkan Blang Krueng sebagai role model gampong inovasi yang memiliki mutu pendidikan tinggi dan kemandirian ekonomi,” Ucap Prof  Eka.

“Kaum muda kelebihan tenaga, memiliki semangat dan atusiasme yang tinggi. Sementara orang tua memiliki pengalaman, memberi dorongan dan bimbingan serta kebijaksanaan. Namun jika energi yang dimiliki anak muda dan kebijaksanaan bertemu akan menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat. Untuk tahap awal ini sasaran kita fokus kepada pendidikan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat ,”kata Prof. Eka Srimulyani.

Senada hal tersebut, Ketua Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Aceh, Nazaruddin Musa MLIS mengatakan bahwa Program “Gerakan Bek Beuo“ merupakan awal yang baik untuk berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia melalui peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan model kampung literasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan minat baca masyarakat desa.

“Kami dari Ikatan Pustakawan Indonesia sangat menyambut baik dan siap berkontribusi khususnya dalam pengembangan perpustakaan dan program literasi, program iqra, book talk, storytelling, public speaking dan program bahasa asing seperti Arab dan Inggris yang di inisiasi oleh Peers Lighter Association (PLA) dibawah binaan Prof. Eka Srimulyani,”kata Nazar.

Sementara itu, Keuchik Gampong Blang Krueng, H. Nasruddin menyambut baik dan mengapresiasi atas penyelenggaraan gerakan ini.

Untuk itu, ia mengajak tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama,para kaum ibu serta berbagai komponen masyarakat lainnya untuk sama-sama berkontribusi positif dan berkomitmen dalam mendorong pelaksanaan “Gerakan Bek Beuo“ yang di inisiasi oleh dosen dan perwakilan mahasiswa berbagai kampus di Banda Aceh dan Aceh Besar yang tergabung dalam Peers Lighter Association (PLA) tersebut. []

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img