Friday, April 26, 2024

PERMATA Salurkan Bibit Padi ke Petani Aceh Tamiang

Nukilan.id – Perhimpunan Masyarakat Aceh Tamiang (PERMATA) Jakarta memberikan bantuan bibit padi kepada petani yang menjadi korban banjir.

Bantuan itu disalurkan melalui Pujakesuma Aceh Tamiang ke beberapa Kecamatan di wilayah setempat.

Ketua Pujakesuma Aceh Tamiang, Darman, ketika dihubungi, Minggu (27/11/2022), menjelaskan bahwa bantuan bibit dari PERMATA itu diperuntukan kepada petani yang mengalami gagal panen akibat dilanda banjir beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan, bantuan bibit itu diberikan untuk Kecamatan Manyak Payed dan Banda Mulia sebanyak 140 sak, Kecamatan Rantau sebanyak 10 sak, Kecamatan Tamiang Hulu sebanyak 10 sak, dan Kecamatan Bandar Pusaka sebanyak 30 sak.

Untuk Kecamatan Manyak Payed dan Banda Mulia banyak kita salurkan bantuan, karena di sana banyak petani yang mengalami gagal panen.

“Hasil kesepakatan dengan PERMATA bantuan itu disalurkan kepada petani yang tidak terkaper dalam kelompok tani. InsyaAllah dalam minggu ini selesai semuanya kita salurkan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Perhimpunan Masyarakat Aceh Tamiang (PERMATA) Jakarta akan menyalurkan bantuan tahap dua yaitu bantuan perbaikan fasilitas layanan pendidikan dan atau pemberian bibit kepada warga yang terdampak banjir Aceh Tamiang.

Ketua PERMATA, Sugianto, SE, MM kepada media, Sabtu (19/11/2022) mengatakan, bantuan bibit kepada petani yang terdampak banjir akan disalurkan oleh Pujakesuma Aceh Tamiang dan Karang Taruna Aceh Tamiang. Sedangkan untuk perbaikan fasilitas layanan sekolah atau pesantren akan disalurkan oleh PGSI Aceh.

“Bantuan itu difokuskan kepada petani yang tidak tergabung dalam kelembagaan petani karena petani yang tergabung dalam kelembagaan petani akan menerima bantuan dari pemerintah melalui program AUTP atau program-program lainnya. Sedangkan untuk bantuan perbaikan fasilitas pendidikan akan difokuskan ke sekolah atau pesantren Swasta,” ujarnya.

Sugianto menambahkan bantuan tahap kedua ini merupakan bentuk kepedulian Permata dan para donatur atas musibah yang terjadi di Aceh Tamiang, sehingga bantuan ini bisa meringankan beban para korban yang terdampak banjir khusunya para petani yang mengalami gagal panen.

“Untuk tahap pertama, Permata menyalurkan bantuan sembako kepada sejumlah posko-posko pengungsian yang tersebar hampir di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang dan menyalurkan bantuan sembako ke beberapa pesantren serta Dayah. Bantuan sembako tersebut disalurkan oleh beberapa organisasi di Aceh Tamiang seperti Karang Taruna Aceh Tamiang, Pujakesuma, ISNU, PGSI Aceh serta tim perwakilan Permata Jakarta yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang,” ujarnya. []

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img