Saturday, April 20, 2024

Liga 1 Dihentikan Sementara Buntut Kerusuhan Suporter Arema FC dan Persebaya

Nukilan.id – Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) menghentikan sementara Liga 1 2022/23 selama satu pekan, menyusul kerusuhan suporter Arema FC setelah menelan kekalahan 3-2 dari Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10) malam WIB, di Stadion Kanjuruhan.

Keputusan penghentian sementara Liga 1 disampaikan PT LIB, Minggu (2/10) dini hari WIB, atau beberapa jam setelah terjadinya kerusuhan. Akibat kerusuhan itu, beberapa fasilitas di dalam stadion mengalami kerusakan parah.

Bukan itu saja. Puluhan suporter pingsan terkena dampak gas air mata yang dilepaskan polisi. Bahkan kabar beredar menyebutkan belasan suporter meninggal dunia, baik akibat gas air mata maupun terinjak-injak di tengah kekacauan.

Hingga kini belum ada keterangan resmi dari panitia pelaksana (panpel) pertandingan Arema maupun pihak kepolisian Kabupaten Malang terkait jumlah pasti suporter yang pingsan, luka-luka, maupun meninggal dunia.

PT LIB juga belum mendapatkan laporan detail secara resmi mengenai jumlah korban di peristiwa memilukan tersebut. Kendati demikian, mereka langsung mengambil sikap terhadap kejadian ini.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengungkapkan keprihatinannya atas tragedi tersebut. Menurut Akhmad, PT LIB memutuskan untuk menghentikan Liga 1 selama satu pekan sambil menunggu hasil investigasi PSSI.

“Kami prihatin dan sangat menyesalkan peristiwa tersebut. Kami ikut berdukacita dan semoga ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua,” ujar Akhmad melalui laman resmi PT LIB.

“Keputusan tersebut kami umumkan setelah mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI. Ini kami lakukan untuk menghormati semuanya, dan sambil menunggu proses investigasi dari PSSI.”

Kericuhan ini dipicu dari kekecewaan Aremania atas hasil yang diperoleh tim kesayangannya. Dalam laga terakhirnya, Arema hmendapatkan masing-masing satu kemenangan dan imbang, serta tiga kekalahan. Apalagi kekalahan terakhir didapat dari Persebaya yang merupakan rival utama mereka.

Pada pertandingan itu, Persebaya unggul lebih dulu melalui gol Silvio Junior ketika laga baru berjalan delapan menit. Leo Lelis menggandakan keunggulan Bajul Ijo di menit ke-32.

Arema mampu mengejar ketertinggalan setelah Abel Camara mencetak brace pada menit ke-42 dan injury time. Namun Persebaya memastikan kemenangan lewat gol Sho Yamamoto di menit ke-51. [sumber: goalcom]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img