Thursday, March 28, 2024

Hari Raya Nyepi, Kominfo Nonaktifkan Akses Internet di Bali

Nukilan.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan bahwa Hari Raya Nyepi pada tahun ini juga akan dilakukan dengan dimatikan akses internet seluler dan Internet Protocol Television (IPTV).

Tidak seluruh Indonesia, tapi khusus di Bali saja yang mana mayoritas warga di sana memeluk agama Hindu, yang rencana akses internet dan IPTV dimatikan.

Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi mengatakan, pihaknya telah meminta seluruh penyelenggara telekomunikasi di Provinsi Bali melalui SE Menteri Kominfo No. 2 Tahun 2022 perihal Himbauan untuk Melaksanakan Seruan Pemerintah Provinsi Bali Tahun 2022, untuk mematikan layanan data seluler dan IPTV selama Hari Raya Suci Nyepi 2022.

“Hal ini sesuai dengan Surat Pemprov. Bali No. 003/2959/IKP/D.KOMINFOS perihal Pemberhentian Data Selular Pada Saat Nyepi Tahun Saka 1944,” ujar Dedy saat dihubungi detikINET, Selasa (1/3/2022).

Dedy menuturkan pelaksanaan dimatikannya layanan data seluler dan IPTV direncanakan akan berlangsung pada hari Kamis, tanggal 3 Maret 2022 pukul 06.00 WITA sampai dengan Jumat, tanggal 4 Maret 2022 pukul 06.00 WITA.

“Kami berharap perayaaan Nyepi dapat berlangsung dengan khidmat, dan semoga pelaksanaan Catur Brata Penyepian berjalan dengan lancar bagi seluruh umat Hindu yang merayakan,” ungkap Dedy.

Ini bukan pertama kalinya layanan internet operator seluler di Bali dimatikan untuk menghormati umat Hindu yang menjalankan Hari Raya Nyepi.

Sejak tahun 2018, Nyepi tanpa internet sudah dilakukan dan momen tersebut berjalan dengan lancar. [detik]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img