Friday, April 19, 2024

Gampong Aceh Warnai Ragam Kuliner dan Oleh-Oleh Kota Sabang

Nukilan.id – Diresmikan Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, Gampong Aceh menjadi sebuah karya dan terobosan baru yang bisa menambah wisata kuliner dan juga mampu mewadahi para seniman dan pelaku UMKM di Kota Sabang.

Diinisiasi oleh Octowandi dan kolaborasi dengan Lanal Sabang dalam penyediaan lokasi, Gampong Aceh mengusung semboyan seni dan budaya (culture and art) daerah Aceh.

“Kami ucapkan terimakasih kepada bapak Octowandi atas inisiasinya, dan juga pak Danlanal Kolonel Laut (P) All Setiandy yang telah memfasilitasi dan menyediakan tempat, ini merupakan kolaborasi yang baik sekali,”kata Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, Selasa (24/1) malam.

Menurutnya, berbicara pariwisata secara sederhana disimpulkan dalam tiga hal, yaitu something too see, something to do, dan something to buy. Di Sabang sendiri, kaya akan keindahan alam dan aktivitas yang cukup bervariasi, jadi yang perlu ditingkatkan adalah produk oleh-oleh yang bisa dibawa pulang wisatawan.

“Dengan kehadiran Gampong Aceh ini, selain menambah wisata kuliner di Sabang, saya yakin juga akan melahirkan produk-produk yang berkualitas, memperkaya dan menambah produk-produk unggulan serta oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang ke Sabang” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan atau Founder Gampong Aceh menjelaskan, melalui Gampong Aceh, pihaknya berupaya menciptakan pasar seni Sabang, serta mendorong ekonomi UMKM dan para seniman di Sabang, baik seni lukis, fotografi, seni handcraft, kerajinan batik dan lain sebagainya.

“Konsep kami di sini adalah menciptakan suasana kampung Aceh karena kita di Aceh, yang perlu kami tekankan adalah di sini bisnis kita adalah untuk culture and art. Sesuai tagline-nya, culture-nya budaya Aceh, dan artnya itu seni Aceh, seninya mungkin disini kita ciptakan pasar seni,” jelasnya.

Berlokasi di samping RSUD Kota Sabang, bangunan Gampong Aceh ini memiliki arsitektur rumah khas adat Aceh (Rumoh Aceh), yang diperindah dengan penambahan ornamen-ornamen seni.

Dia menambahkan, di Gampong Aceh, pihaknya juga menyediakan kuliner tradisional Aceh seperti kuah beulangong, keumamah, sie rebo, ayam tangkap, kuah pliek chu, dan lain sebagainya.

“Namun, tidak hanya itu, ada juga kuliner dan berbagai UMKM lainnya di sini, dan semua yang ada disini, tidak kita kenakan biaya rental atau sewa, jadi mereka silahkan berdagang di tempat ini bersama-sama,” tutupnya.

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img